BANGKINANG - Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto ajak ajak semua unsur di Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019 kelola sampah untuk hidup sehat dan bernilai.

Ajakan ini disampaikan oleh Bupati Kampar dihadapan suluruh jajaran OPD di lingkungan Pemkab Kampar, jajaran Polres Kampar dan TNI pada peringati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2019, Senin (4/3/2019) di lapangan merdeka Bangkinang.

Peringatan HPSN ini diawali dengan kegiatan apel bersama sekaligus pencanangan Kabupaten Kampar bersih dan gerakan aksi bersih sampah yang dipimpin langsung oleh Bupati Kampar.

Dalam arahannya, Bupati Kampar mengajak seluruh jajaran termasuk masyarakat Kampar untuk dapat mengelola sampah agar bermanfaat bagi kehidupan. Disamping itu, untuk menjadikan hidup bersih, sehat dan bernilai, karena menurutnya sampah dapat diolah hingga memberi manfaat untuk kehidupan.

Dikatakan Catur, pengelolaan sampah terutama untuk kawasan Kota Bangkinang dan sekitarnya harus terus dilakukan dan menanamkan kesadaran terhadap peduli sampah dengan budaya 3R.

3R yang dimaksud Bupati Kampar ino yaitu pertama Reuse atau penggunaan kembali sampah, Reduce mengurangi segala sesuatu yang menyebabkan timbulnya sampah dan Recycle atau mendaur ulang atau mengolah kembali sampah menjadi barang baru yang bermanfaat. "Hal ini sangat penting, tentunya diawali dengan mereduksi sampah secara mandiri yang dimulai dari rumah tangga," kata Catur Sugeng.

Lebih lanjut Bupati, dengan peran aktif masyarakat yang mampu mereduksi dan mendaur ulang sampah ini kembali akan menjadi sesuatu yang bermanfaat. Salah satu manfaatnya adalah berkurangnya volume sampah.

Selain itu, ia meminta peduli sampah ini dikampanyekan gerakan bersih pengelolaan sampah pada saat dan setiap kegiatan car free day, senam, olahraga dan acara keramaian yang menimbulkan adanya potensi sampah.

Dan untuk mensosialisasikan dan eduksi pengelolaan sampah, gerakan aksi bersih sampah melalui budaya gotong royong dan mengurangi penggunaan kantong plastik, mengadakan sarana dan prasarana penunjang pengelolaan sampah. Kemudian pembentukan bank sampah, baik untuk di kecamatan maupun desa dan kelurahan.

Pada kesempatan ini, Bupati Kampar menyerahkan perangkat kerja gotong royong kepada kepala OPD, Camat dan lurah/kades. Dan dilakukan penandatanganan baleho gerakan Kampar bersih dan aksi bersih sampah oleh Bupati bersama Forkopimda dan pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Kampar. ***