PELALAWAN - Bupati Pelalawan HM Harris yakin, Pemerintah Provinsi Riau dibawah kepemimpinan Syamsuar membuat Riau bersatu dan semakin maju. Karena HM Harris tahu persis bagaimana komitmen Gubernur Riau priode 2019-2024 ini dalam mewujudkan visi dan misinya.

Hal itu diungkapkan Harris pada syukuran atas pelantikan Gubernur Riau dan Wakil Gubernur Riau priode 2019-2024, di gedung daerah, Sabtu (6/4/2019), yang diselengarakan Pemerintah Daerah Kabupaten Pelalawan.

"Saya tahu persis bagaimana komitmen Pak Syamsuar, kami teman dekat. Dalam program pembangunan, pemerintah daerah punya kepentingan pada Pemerintah Provinsi Riau. Jadi saya yakin Riau akan lebih maju dibawah kepemimpinan Pak Syamsuar sekarang," ungkap Harris.

Harris menyebutkan, beberapa program pembangunan kedepan sudah dirinya bicarakan bersama Syamsuar. Tinggal bagaimana realisasinya dalam mewujudkan kepentingan masyarakat. Mudah-mudahan semua tujuan baik dalam upaya membangun Riau lebih baik dapat tercapai dan terwujud.

Ads
Oleh karena itu, Harris menyerukan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Pelalawan untuk bersama-sama mendukung Pak Syamsuar dan Pak Edy Nasution dalam menjalankan tugas, serta amanah yang cukup berat ini.

"Kita tidak saja mendukung, tapi kita juga harus mengawal Pak Gubernur dan Pak Edy Nasution. Juga memberi masukkan, agar sejarah pemimpin yang bermasalah di Riau tidak terulang lagi," kata Harris.

Menurut Harris, persoalan Riau selama ini karena tidak kompaknya masing-masing daerah dengan Pemerintah Provinsi Riau. "Sekarang mari kita membangun kekompakan itu, untuk Riau yang lebih baik, agar Riau tak mudah diganggu," ujar Harris.

"Harapan Kabupaten Pelalawan, tergantung pada kebijakan Gubernur Riau. Yang jelas, masyarakat Pelalawan siap menjaga Bapak (Syamsuar - Esy Nasution), dan apa yang harus kami lakukan untuk bapak. Semoga kedatangan Pak Syamsuar ini membawa berkah bagi masyarakat Kabupaten Pelalawan," sambung Harris.

"Kami mengucapakan terima kasih kepada Pak Haris dan masyarakat Pelalawan yang siap mendukung kami dalam upaya membangun Riau ini," kata Gubernur Riau, Syamsuar, mengawali sambutannya.

Syamsuar juga menyebutkan, bahwa dirinya dengan bupati Pelalawan itu teman dekat, tidak saja karena hubungan emosional, namun juga hubungan daerah kabupaten yang memang bertetangga.

Syamsuar juga membongkar pertemuan tersembunyinya yang dia sebut terjadi sebuah akad. Ketika itu, cerita Syamsuar, Pak Haris ingin maju sebagai calon Gubernur Riau dan dirinya sendiri juga demikian.

"Akhirnya kami berbicara secara tersembunyi di dalam kamar, bahkan ajudan saya saja tidak tahu. Dalam pertemuan itu, ada semacam akad. Jika Pak Haris menjadi gubernur nantinya dia harus memperhatikan Siak, begitu juga jika saya jadi Gubernur Riau harus membantu Kabupaten Pelalawan. Kami sudah berunding secara adik beradik, jadi bagaimana pun juga, saya harus membangun Kabupaten Pelalawan," ungkap Syamsuar dan disambut tepuk tangan yang bergemuruh.

Dalam membangun Riau ke depan, kata Syamsuar, ddirinya mengawalinya dengan menjadikan Bank Riau-Kepri sebagai bank syariah. Hal ini sudah memadai dan layak karena aset Bank Riau-Kepri sudah mencapai triliunan rupiah.

"Langkah prioritas pembangunan berikutnya pada dunia pariwisata. Insya Allah tanggal 9 April, nanti saya diundang oleh Kementerian Pariwisata untuk tekan MoU Riau destinasi wisata halal," ucap Syamsuar.

Riau, kata Syamsuar, sangat berpotensi besar dalam pengembangan pariwisata, dan untuk melengkapi itu perlu pembangunan infrastruktur. Di Kabupatem Pelalawan sendiri ada objek wisata Bono yang sudah dikenal secara luas, karennya perlu kerja sama pemerintah kabupaten, provinsi dan pusat untuk mengembangkan wisata ini. Sebab, anggaran yang dimiliki daerah tak akan mampu membangun infrastruktur itu.

"Saya kira, pengembangan dan pembangunan penunjang pariwisata di Pelalawan ini, selain Bono juga perlu diperhatikan pengembangan wisata danau," ujar Syamsuar.

Sebelum kedua pemimpin Riau itu memberi sambutan, Ketua Harian Parpol Koalisi Riau Bersatu (Karib), Zulmizan Assegaf, mengatakan, syukuran ini sangat istimewa. Sebab, selain syukuran digelar masyarakat juga digelar Pemerintah Kabupaten Pelalawan. Hal ini bertanda segala perbedaan ketika Pilkada Riau sebelumnya melebur, hilang.

"Kami tahu persis bahwa Bupati Haris dan Pak Syamsuar adalah teman dekat, mereka saling mendukung satu sama yang lainnya. Keduanya jelas punya niat yang sama untuk memajukan Riau," kata Zulmizan. ***