MEDAN- Focus Group Discussion (FGD) "PON XXI Aceh- Sumut dengan tema Strategi Sumut dan Aceh meningkatkan Prestasi Olahraga dan Kebangkitan Ekonomi Daerah menjadi rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2023. FGD ini dibuka secara resmi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali di Medan, Sumatera Utara (Sumut), Rabu (8/2/2023).  

Melalui FGD ini, Menpora Amali mengajak semua elemen untuk sama-sama menyukseskan Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh-Sumut. “Saya kira tema dari seminar kali ini sangat tepat bersamaan dengan HPN 2023 yang mana tuan rumahnya adalah Sumatera Utara sekaligus juga tuan rumah bersama PON Sumut-Aceh,” kata Menpora Amali.

Dalam forum ini, Menpora Amali kembali menegaskan bahwa ajang pesta olahraga nasional tersebut tetap berlangsung pada September 2024. Hal ini juga ditegaskan pada sebelumnya saat launching logo, maskot, dan tagline PON di Aceh dan Sumut.

“Jadi ini adalah pengalaman pertama menyelenggarakan PON di dua daerah. Oleh karenanya kita harus terus berkoordinasi. Ini memang tidak mudah, tapi saya yakin kita bisa,” ujar Menpora Amali.

Lebih lanjut, Menpora Amali menekankan pelaksanaan PON 2024 harus meraih 4 kesuksesan. Keempatnya yaitu sukses penyelenggaraan, sukses administrasi, sukses prestasi, dan sukses perekonomian. “Jadi kesemuanya itu harus kita capai. Mari kita koordinasikan dengan baik,” jelas Menpora Amali.

Sementara itu, Ketua Bidang Pendidikan PWI Pusat, Nurhaman Muchtar menyampaikan seminar ini menjadi sarana komunikasi bagi seluruh stakeholder untuk menyukseskan pelaksanaan PON 2024.

“Semoga ini menghasilkan pemikiran yang baik, jadi ajang komunikasi bagi berbagai pihak yang terlibat dalam PON Sumut-Aceh. Kita sama-sama mengharapkan juga semoga seminar ini mendapatkan keberkahan untuk kita semua,” kata Muchtar. ***