PADANGLAWAS-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Padanglawas (Palas) mengimbau warga yang bermukim di aliran sungai untuk meningkatkan kewaspadaan.

Imbauan tersebut disampaikan BPBD Kabupaten Palas terkait tingginya intensitas hujan yang berkepanjangan dan berpotensi menyebabkan terjadinya bencana di wilayah Kabupaten Palas dan sekitarnya. “Perlu diwaspadai beberapa dampak bencana yang dimungkinkan melanda pada musim hujan saat ini. Antara lain, banjir, hingga tanah longsor,” kata Kepala BPBD Kabupaten Palas, H Hamka Harahap menjawab GoSumut, Jumat, (28/9/2018).

Menurut Hamka, hujan akan terus melanda di sejumlah titik di Sumatera Utara (Sumut), terkhusus wilayah Kabupaten Palas dan sekitarnya. “Oleh sebab itu, untuk mengantisipasi hal itu, kita mengimbau warga masyarakat meningkatkan kewaspadaannya, termasuk melakukan gotong-royong melakukan pembersihan di sekitaran bantaran sungai Barumun maupun sungai kecil lainnya,” imbaunya.

Peningkatan Debit Air

Ia menambahkan, dampak hujan ini akan menimbulkan terjadinya peningkatan debit air di kawasan hilir secara mendadak. Karena, air juga bisa meluap dan menggenangi sekitar bantaran sungai. “Maka dari itu, masyarakat sebaiknya tidak banyak beraktivitas di sekitaran alur sungai,” tambahnya.