JAKARTA - Saat teman-teman seusianya baru duduk di kelas 4 sekolah dasar (SD), David Balogun sudah tamat sekolah menengah atas (SMA). Bocah jenius asal Pennsylvania, Amerika Serikat yang kini berusia 9 tahun ini menerima ijazah SMA baru-baru ini.

Dikutip dari Liputan6.com yang melansir dari UPI, Rabu (8/2/2023), David Balogun memulai jenjang SMA di Reach Cyber ​​Charter School yang berbasis di Harrisburg sebagai siswa kelas tiga.

Dia mendapatkan ijazah SMA-nya setelah menyelesaikan kelas-kelas wajib secara virtual dari rumahnya di Bensalem.

"Saya ingin melakukannya karena saya memiliki kemampuan untuk melakukannya," kata Balogun kepada WPMT-TV.

"Jadi mengapa tidak menggunakan kemampuan itu untuk kebaikan yang lebih besar?" imbuhnya.

Ia telah menyelesaikan satu semester di Bucks County Community College dan sedang mempertimbangkan untuk melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi atau universitas empat tahun.

Balogun ini mengingatkan kita pada bocah bernama Michael Kearney yang memperoleh gelar bachelor dalam bidang antropologi di University of South Alabama tahun 1994 pada usia 10 tahun 4 bulan.

Ingin Jadi Ahli Lubang Hitam

Keberhasilan bocah 9 tahun itu tak lepas dari dukungan dari kedua orang tua. Mereka selalu mendukung ambisi David Balogun memenuhi cita-cita besarnya. Lewat keterangannya ia ingin menguasai ilmu black hole atau lubang hitam hingga supernova. 

"Saya ingin menjadi ahli astrofisika dan saya ingin mempelajari lubang hitam dan supernova," kata Balogun kepada CBS Philadelphia.

Orang tua David Balogun yang bergelar sarjana, mengatakan bahwa anak laki-laki mereka sangat berbakat.

"Dia adalah anak berusia 9 tahun dengan otak yang hanya mampu memahami dan memahami banyak konsep yang melebihi usianya dan terkadang di luar pemahaman saya," kata Ronya, ibu Balogun.***