JAYAPURA -- Tim SAR gabungan berhasil mengevakuasi jenazah 3 kru pesawat Rimbun Air PK OTW dari lokasi jatuhnya pesawat tersebut di Perbukitan Kampung Bilogai, Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua, Kamis (16/9/2021) pagi.

Dikutip dari merdeka.com, ketiga jenazah tiba di Bandara Mozes Kilangin Timika sekitar pukul 08.33 WIT, selanjutnya langsung dibawa ke RSUD Mimika untuk proses identifikasi dan dibersihkan, sebelum diserahkan kepada pihak maskapai.

Jenazah pilot Hj Mirza, co pilot Fajar dan teknisi Iswahyudi dievakuasi ke Timika dengan pesawat Rimbun Air PK OTJ.

Setibanya di apron pesawat kargo Bandara Timika, personel Basarnas Timika langsung memindahkan jenazah ketiga korban yang sudah dimasukkan dalam kantong jenazah ke mobil ambulans milik Rumkitban TNI AD, TNI AL dan TNI AU.

Kepala Kantor SAR Timika George Mercy L Randang mengatakan jenazah ketiga awak pesawat Rimbun Air PK OTW itu segera diserahkan ke pihak maskapai penerbangan mewakili keluarga korban.

Sementara kotak hitam pesawat Rimbun Air PK OTW yang berhasil ditemukan oleh Tim SAR gabungan di lokasi kecelakaan pada Rabu (15/9) malam dibawa ke Timika pada Kamis pagi dikawal oleh enam personel SAR Timika dari Sugapa dengan penerbangan pesawat perintis.

''Tadi malam Tim SAR gabungan bergerak menuju lokasi kecelakaan pesawat Rimbun Air dan berhasil membuka badan pesawat di bagian ekor untuk mengeluarkan kotak hitam. Tim sudah kembali ke Posko di Sugapa dan rencananya siang ini kotak hitam akan dibawa ke Timika. Selanjutnya kotak hitam itu akan diamankan sementara di Kantor Basarnas Timika atau Pangkalan TNI AU Yohanes Kapiyau Timika untuk nantinya akan kami serah terimakan ke KNKT yang akan segera tiba di Timika,'' kata Mercy.

Adapun kondisi ketiga jenazah awak pesawat Rimbun Air PK OTW masih bisa dikenali.

''Informasinya masih bisa dikenali semua,'' kata Mercy.

Mercy menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua unsur potensi SAR yang terlibat dalam proses evakuasi jenazah ketiga awak pesawat Rimbun Air PK OTW, mulai dari jajaran TNI, Polri dan Satgas TNI-Polri di Kabupaten Intan Jaya, masyarakat dan para tokoh.

''Mewakili Kepala Basarnas, unsur SAR Jayapura dan unsur SAR Biak yang membawahi Nabire hingga Intan Jaya, kami menyampaikan terima kasih banyak kepada semua pihak yang telah membantu sehingga korban bisa dievakuasi ke Timika dalam keadaan aman,'' ujarnya.***