TELUKKUANTAN - Bupati Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, Andi Putra tak menyangkal adanya masyarakat yang meminta pertolongannya agar lulus pada seleksi calon aparatur sipil negara (CASN) tahun 2021. Ia menilai, hal itu wajar dilakukan orangtua para pelamar karena ingin anaknya lulus.

"Ini sebuah harapan masyarakat (agar lulus), ada juga yang minta bantu sama saya," jawab Andi ketika ditanya apakah ada pelamar yang meminta bantuannya, di sela-sela kunjungan ke lokasi ujian di SMAN Pintar, Rabu (15/9/2021).

"Tapi, langsung saya luruskan. Saya sampaikan kepada mereka bahwa tes CASN ini murni, proses tidak bisa macam-macam, yang menentukan pusat," ujar Andi.

Dengan tegas, Andi Putra menyatakan bahwa dirinya tidak bisa menjanjikan apa-apa kepada para peserta dan masyarakat yang minta bantu tersebut. "Tak bisa menjanjikan, karena memang tak bisa. Bahaya nanti," katanya sambil tertawa.

Ia hanya memberi nasehat kepada para peserta untuk mempersiapkan diri secara baik. Karena yang menentukan kelulusan adalah kemampuan pribadi masing-masing.

"Saya mendukung dan mendoakan agar putra-putri Kuansing mengisi formasi yang tersedia tahun ini. Amiin," kata Andi Putra.

Seleksi kompetensi dasar (SKD) CASN Kuansing 2021 diikuti 2.800 pelamar yang akan memperebutkan 167 formasi. Pelamar tidak hanya berasal dari Kabupaten Kuansing, tapi juga dari berbagai daerah di Indonesia.***