TANAMAN jahe khususnya di Indonesia sudah tidak asing lagi. Tanaman jahe merupakan sebuah tanaman  yang termasuk ke dalam rempah-rempah dengan nama latin Zingiber Offialine.

Tanaman jahe sangat bermanfaat bagi kehidupan kita sehari-hari terutama untuk kesehatan. Tanaman jahe  berasal  dari Negara Asia pasifik  kemudian tersebar  ke negara India  sampai cina. Di kedua negara ini, untuk pertama kalinya jahe dimanfaatkan sebagai bahan masak, minuman dan bahan alami berupa obat-obatan tradisional.

Di Indonesia, tanaman jahe sudah dikenal dan sangat mudah ditemukan, bukan hanya untuk keperluan memasak tetapi bisa juga untuk kecantikan dan kesehatan. Bahkan jahe memiliki banyak manfaat.

Di Indonesia  terdapat tiga jenis jahe yaitu jahe sunti, jahe gajah, dan jahe emprit yang banyak dibudidayakan  secara intensif  di daerah Rejang Lebong  Bengkulu), Bogor, Magelang Yogyakarta dan Malang. Jahe di daerah ini dimanfaatkan  untuk bumbu masakan, bahan obat herbal dan untuk minuman (Santoso, 2008).

Jahe sunti atau jahe merah dengan kandungan minyak  atsiri  2,58-2,72 % paling banyak digunakan untuk industri obat-obatan, jahe gajah memiliki kandungan minyak atsiri 0,82-1,68% dan  jahe emprit memiliki kandungan minyak  atsiri 1,5- 3,3 % (Santoso, 2008).

Sebagai bahan obat untuk tradisional, jahe dapat digunakan untuk bahan obat herbal lainnya yang mempunyai fungsi saling menguatkan dan melengkapi (Nala,1992; Santoso, 2008)

Ada beberapa manfaat dan khasiat jahe bagi kesehatan:

Mengobati demam, batuk dan masuk angin

Jika kita sedang mengalami badan yang kurang fit seperti demam, flu, batuk atau masuk angin, kita bisa mengobati dan mengkonsumsi jahe. Karena jahe memiliki banyak kandungan antioksin, antivirus  yang bisa menyembuhkan dari penyakit

Menyembuhkan sakit perut

Jahe bisa membantu untuk menghilangkan rasa sakit perut karena tanaman jahe dapat juga digunakan sebagai obat alami untuk menyembuhkan sakit perut seperti nyeri pada usus dan diare.

Mengatasi  gangguan pencernaan

Jahe dapat dimanfaatkan untuk mengatasi dan menyembuhkan gangguan percernaan yang berisiko seperti menyembuhkan kanker usus atau sembelit, meredakan mual-mual pada wanita sedang hamil, mengurangi rasa sakit pada wanita yang sedang menstruasi, membantu meningkatkan kesehatan jantung.

Menyembuhkan sakit gigi

Jahe mempunyai khasiat dapat untuk  membantu menyembuhkan sakit gigi karena jahe memiliki sifat anti jamur dan bakteri. Jahe bisa dibuat menjadi minuman air jahe hangat dengan cara digunakan untuk berkumur selama beberapa menit sehingga dapat menghilangkan rasa sakit pada gigi.

Cara mengolah jahe untuk kesehatan

Jahe bisa diolah menjadi obat herbal  yang dapat dibuat seperti  air rebusan atau  minuman wedang jahe untuk menghangatkan tubuh terutama pada saat musim dingin  atau hujan  dan mengobati sakit misalnya mual-mual, demam, masuk angin, batuk, diare dan sebagainya.

Efek samping mengonsumsi jahe berlebihan

Selain banyak memberikan manfaat bagi kesehatan, sering mengonsumsi jahe ternyata bisa menimbulkan efek samping apabila dikonsumsi secara berlebihan justru. Kita dianjurkan untuk mengonsumsi jahe tidak lebih dari 4 gram setiap hari, jika lebih akan menimbulkan sejumlah efek samping seperti:

Penyakit kembung

Air rebusan jahe yang kita konsumsi secara berlebihan akan mengakibatkan efek samping dalam pencernaaan yang berdampak pada sistem pencernaan yang menghasilkan gas yang menyebabkan kembung dan tidak nyaman bagi tubuh.

Menyebabkan sariawan dan iritasi pada mulut

Mengkonsumsi jahe secara berlebihan dapat menyebabkan sindrom pada mulut yang dapat menimbulkan rasa gatal pada mulut, iritasi pada mulut akan mengganggu yang menyebabkan rasa tidak enak.

Menyebabkan gangguan pencernaan

Mengonsumsi jahe secara berlebihan bisa menyebabkan gangguan pencernaan dengan gejala yang timbul seperti mual, muntah, perut kembung. Sedangkan apabila kita mengonsumsi jahe saat peut kita masih kosong akan mengakibatkan risiko terkena dan menimbulkan peningkatan asam lambung. ***

*Penulis adalah Mahasiswa Jurusan IImu Komunikasi Universitas Islam Riau.