PEKANBARU - Panitia seleksi (Pansel) calon jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (PTP) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, telah menerima sebanyak 66 berkas administrasi pelamar pada Jumat (7/1/2022) lalu. Dari 66 berkas tersebut, 58 orang diantaranya mendaftar langsung, dan 8 orang mendaftar secara online.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Riau, Ikhwan Ridwan mengatakan, dari 12 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dibuka, ada satu OPD tidak ada peminat, yakni pada jabatan Direktur Rumah Sakit (RS) Jiwa Tampan. Kendati demikian, Pansel akan membuka kembali jadwal pendaftaran khusus jabatan tersebut hingga tiga hari ke depan.

“Untuk OPD RS Jiwa Tampan tidak ada peminat, tidak ada yang mendaftar. Kita tidak tahu mengapa tidak ada yang minat. Tentu sesuai aturan akan dibuka lagi pendaftaran hingga tiga hari ke depan. Kalau tidak ada juga yang mendaftar untuk tiga pendaftar dibuka lagi untuk dua pendaftar, kalau masih kosong juga dipending sementara, dan menunggu arahan pimpinan,” ujar Ikhwan Ridwan, Minggu (9/1).

Dijelaskan Ikhwan, untuk 11 OPD yang lain, Pansel akan melihat kelengkapan berkas 66 pendaftar. Di mana akan dilihat berapa jumlah pendaftar dimasing-masing OPD, jika ada yang tidak lengkap makan akan langsung gugur. Masing-masing OPD minimal 3 orang pendaftar dan bisa melebihi.

“Semua berkas yang masuk diseleksi kelengkapan administrasinya. Besok pagi Pansel akan rapat berkas pendaftar, dan akan dipilah untuk jumlah pendaftar yang masuk di masing-masing OPD yang dibuka. Besoklah baru tahu OPD mana yang tidak lengkap, kan minimal 3 pendaftar kalau kurang tentu dibuka lagi pendaftar. Kita lihat besok hasil rapat pansel,” kata Ikhwan.

Untuk diketahui, setelah dibukanya pengumuman persyaratan pendaftaran selama lima hari kerja, dan BKD Riau menerima pendaftaran, dilanjutkan dengan pemeriksaan kelengkapan administrasi bagi calon yang mendaftar, 3-7 Januari. Dilanjutkan dengan pengumuman hasil seleksi administrasi 14 Januari, diumumkan di bkd.riau.go.id.

Setelah dinyatakan lulus administrasi, dilanjutkan seleksi kompetensi manajerial dan sosial kultur tanggal 17 sampai 18 Januari 2022.

Pengumuman hasil seleksi 21 Januari 2022, dilanjutkan dengan penulisan makalah dan presentasi pada tanggal 24 Januari dan tanggal 26 januari 2022 presentasi makalah dan wawancara, dan pengumuman tiga besat hasil seleksi seluruhnya pada tanggal 7 Februari 2022.

Untuk 12 jabatan eselon II Pemprov Riau yang dibuka seleksi terbuka diantaranya, Asisten II Setdaprov Riau, Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa, Kepala Biro Umum, Kadis Kominfotik. Kepala Dinas PUPR-PKPP Riau, Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa Riau, Kepala Dinas Kesehatan Riau, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Pelindung Anak,Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad, RS Jiwa Tampan.

Selanjutnya seleksi terbuka untuk pengisian jabatan yang pejabatnya memasuki masa pensiun. Di antaranya Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Riau, dan Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan. Kemudian seleksi dibuka untuk Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Riau. ***