PEKANBARU - Pembangunan tapak tower listrik di Desa Sungai Galuh, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, Riau akhirnya bisa dilanjutkan setelah beberapa kali gagal dilakukan karena terkendala pembebasan lahan oleh perusahaan.

Diakui Manajer Unit Pelaksana Konstruksi Jaringan Sumatera (UPKJS) II, PT PLN Persero, Rachmat Basuki, bahwa pihaknya kini telah diperbolehkan petugas lapangan kebun PTPN V untuk melanjutkan pengerjaan pemasangan tapak tower listrik.

“Kami sudah melakukan koordinasi dengan Kabag Umum dan juga Humas PTPN V yang di Jalan Rambutan Pekanbaru. Menurut mereka udah bisa dilaksanakan. Tapi anehnya kok masih sempat dihalangi. Kita berharap ini bisa cepat selesai, agar kita bisa mulai bekerja," kata Rachmat di Pekanbaru, Kamis (20/7/2017).

Ia juga menegaskan, pihaknya sudah mengantar surat tembusan dari Kejati Riau terkait arahan untuk melanjutkan pembangunan tapak tower kepada PTPN V.

Barulah sekitar pukul 15.30 WIB, Kamis sore, petugas lapangan kebun PTPN memperbolehkan kontraktor PLN melanjutkan pekerjaan.

"Terima kasih kepala PTPN V karena sudah membolehkan kami untuk bekerja kembali. Mudah mudahan tidak ada masalah lagi sehingga penyelesaian jaringan transmisi 275 KV ini bisa segera selesai," ujarnya.

Sebelumnya, Humas PTPN V, Riski Atriyansyah menyatakan, pihaknya dan pihak PLN sudah melakukan koordinasi, dan sepakat untuk melanjutkan pembangunan tapak tower tersebut, kapan pun pihak PLN siap mulai melaksanakannya kembali.

“Rencana pembangunan tapak tower sudah tidak ada masalah lagi. Kami sudah lakukan koordinasi dengan pihak PLN, dan mereka sudah bisa mulai kerja lagi. Kita tidak tau kapan akan dimulai, mungkin nanti, besok, atau lusa, tergantung pihak PLN,” kata Riski. ***