JAKARTA - BAZNAS Tanggap Bencana (BTB) Pusat sebagai bagian dari Humanitarian Forum Indonesia/HFI (forum lembaga-lembaga kemanusiaan berbasis interfaith) melaporkan bahwa mereka telah merespon cepat musibah gempa yang terjadi di Mamuju, Sulawesi Barat.

Kepala BTB Pusat, Dian Aditya Mandana Putri dalam laporan awal dari otoritas yang dikutip GoNews.co pada Jumat (15/1/2021) mengungkapkan, sejumlah langkah telah dilakukan BTB Pusat dimulai dengan memberangkan 4 personel dari Jakarta pada hari ini.

"Tim BTB Pusat telah menggerakan BTB terdekat (BTB se-Sulsel) utk berangkat sebagai tim awal karena jarak yang lebih dekat (8-9 jam) ke lokasi," kata Dian.

Dian memastikan, seluruh tim yang berangkat telah di-swab terlebih dahulu sebelum berangkat ke lokasi terdampak.

BTB Pusat, kata Dian, juga telah berkoordinasi dengan; RSB untuk melakukan aksi layanan kesehatan; BAZNAS Majene; BPBD setempat dan pemangku kebijakan terkait.

BTB, kata Dian, akan melakukan penyelamatan, menyediakan layanan kebutuhan pengungsi baik makanan maupun non makanan

Dalam laporannya, Dian menyebut daftar lembaga anggota HFI yang merespon gempa Majene Sulawesi Barat, sebagai berikut:

1. MDMC Mamuju

2. BAZNAS Tanggap Bencana

3. Rumah Zakat

4. DMC Dompet Dhuafa

5.Human Initiative

6. Nurul Hayat

7. LPBI NU Sulbar

8. ADRA Indonesia

9. Caritas Indonesia

Sebelumnya, dua gempa berkekuatan cukup besar mengguncang daerah Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat dalam 2 hari secara berturut-turut.

Gempa pertama terjadi pada hari Kamis (14/1/2021) pukul 14.45 WITA dengan kekuatan M 5,9. Gempa dengan kekuatan lebih besar kembali terjadi keesokan harinya, yakni pada Jumat (15/1/2021) dini hari pukul 02.28 WITA.***