PEKANBARU - Ketua Komisi IV DPRD Riau, Parisman Ihwan mengingatkan para Kepala Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Dinas PUPR untuk memaksimalkan pengawasannya di wilayah kerjanya, yang mana UPT Dinas PUPR saat ini sudah meningkat jadi 6 UPT dari yang sebelumnya hanya 3.

Hal itu disampaikan oleh pria yang biasa disapa Iwan Fatah ini usai melakukan kunjungan kerja bersama Badan Anggaran (Banggar) DPRD Riau ke Jalan Provinsi yang ada di Kabupaten Rokan Hulu.

"Kita sangat berharap UPT ini sebagai perpanjangan tangan dinas bisa memaksimalkan pengawasannya di setiap wilayah kerjanya," kata Iwan kepada GoRiau.com, Rabu (30/9/2020).

Adapun kunjungan di Rokan Hulu kemarin, sambungnya, ditemukan cukup banyak jalan lintas yang mengalami kerusakan dan berlobang sesuai dengan laporan yang dia terima.

Iwan memahami anggaran di dinas menurun karena anggaran banyak dialihkan ke Covid-19, namun dia berharap UPT bisa membuat skala prioritas mana jalan-jalan yang perlu diperbaiki, minimal jalanan tersebut bisa fungsional.

"Kita tidak mau jalan-jalan ini malah menjadi membahayakan bagi para pengguna jalan dan masyarakat yang melintas, apalagi jalan ini merupakan penghubung utama antar kabupaten Rokan Hulu - Kampar," jelasnya.

GoRiau Kunjungan DPRD Riau ke salah s
Kunjungan DPRD Riau ke salah satu ruas jalan rusak di Rohul.

Tidak hanya Rohul, ada banyak jalan-jalan provinsi yang selalu menjadi keluhan masyarakat, sehingga dia sangat berharap adanya sinergisitas antara UPT kepada Dinas PUPR, sehingga Dinas bisa langsung berkoordinasi dengan DPRD Riau.

Diakuinya, Rokan Hulu menjadi daerah yang memiliki ruas jalan provinsi luas, makanya UPT yang ditempatkan hanya memiliki wilayah kerja khusus di Rohul saja. Sementara UPT yang lain memiliki wilayah kerja lebih dari satu.

Lebih jauh, Iwan menyebut infrastruktur adalah salah satu sektor prioritas pemerintah dibawah kepemimpinan Gubernur Riau, Syamsuar. Namun, memang keterbatasan anggaran menjadi penghambat.

"Mari kita sama-sama berdoa agar musibah Covid-19 cepat berlalu dan pemerintah bisa menuntaskan janjinya, tentunya kami di DPRD Riau akan mensupport penuh pemerintah dalam memberi pelayanan, terutama perawatan jalan," tutupnya.

Berikut 6 UPT Dinas PUPR Riau :

UPT 1 (Pekanbaru, Pelalawan dan Siak) dikepalai oleh Andi Irfandi.

UPT 2 ( Dumai dan Rokan Hilir) dikepalai oleh Raja Yulizarman.

UPT 3 (Bengkalis dan Kepulauan Meranti) dikepalai oleh Yulmeindri.

UPT 4 (Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir) dikepalai oleh Sanusi.

UPT 5 (Kampar dan Kuansing) dikepalai oleh Yunan Aris.

UPT 6 (Rokan Hulu) dikepalai oleh Eri Ikhsan.***