PEKANBARU - Menyambut bulan suci Ramadhan 1440 H, PT Bank Syariah Mandiri menyelenggarakan serambi berkah ramadhan di lingkungan Masjid Raya An-Nur Pekanbaru, Riau. Yaitu, mereka akan mengelar acara selama dua minggu terhitung dari 13 sampai 27 Mei 2019 mendatang.

Kegiatan serambi berkah ramadhan yang ditaja dengan bekerja sama dengan Badan Kesejahteraan Masjid Agung An-nur Provinsi Riau ini, akan disemarakan oleh berbagai kegiatan sosial-ekonomi, budaya dan ilmu pengetahuan diantaranya bazar bersama UMKM Pekanbaru, pameran otomotive, bedah buku, lomba da'i cilik, pesantren ramadhan, kajian keagamaan, cuci emas gratis dan lainnya.

Region Head Mandiri Syariah untuk Region I Sumatera 1, Ahmad Zailani mengatakan, bahwa dengan adanya kegiatan ini, Mandiri Syariah berupaya terus mendekatkan diri kepada masyarakat dalam berbagai kesempatan, terutama di bulan Ramadhan yang penuh berkah ini.

"Mandiri Syariah concern pada pengelolaan manajemen masjid secara profesional dan peningkatan fungsi masjid. Keberadaan masjid di tengah masyarakat memiliki makna strategis untuk meningkatkan spiritual, pendidikan dan sosial- ekonomi masyarakat," ungkapnya.

Tahun lalu, lanjut Ahmad Zailani, pihaknya mengadakan pelatihan pengelolaan manajemen masjid, pelatihan imam dan khatib jum'at. Serta berbagai bantuan biaya operasional dan kebersihan masjid binaan pada program BSM mengalirkan berkah. "Alhamdulillah sudah banyak mesjid yang merasakan dampak langsung dari keberadaan program Mandiri Syariah," sambungnya.

Ahmad Zailani menambahkan acara serambi berkah ramadhan dimanfaatkan sebagai ajang silahturahmi dan pengenalan produk serta layanan Mandiri Syariah kepada masyarakat. Salah satu yang menarik seluruh transaksi di event Bazar menggunakan QR Pay Mandiri Syariah dimana selain kemudahan bertransaksi bagi pengunjung dengan minimal transaksi Rp150 ribu disediakan hadiah menarik langsung.

Dengan target pengunjung sebanyak dua sampai tiga ribu orang perhari Mandiri Syariah berharap event ini menjadi akses bagi masyarakat untuk mengenal dan menggunakan produk dan layanan Mandiri Syariah.

"Insya Allah kami optimis, produk dan layanan Mandiri Syariah dapat menjadi solusi bagi kebutuhan perbankan baik untuk manajemen masjid maupun masyarakat umum. Kami pun berharap akan semakin banyak masjid ataupun masyarakat berperan aktif menciptakan manajemen dan operasional masjid sehingga menjadi pusat kegiatan masyarakat dan berdaya guna menuju umat yang lebih sejahtera," ujar Zailani.

Berkat dukungan seluruh stake holder, kinerja BSM pada desember 2018 lalu. Ungkap Zailani, secara nasional kinerja BSM untuk aset mencapai 98,7 triliun. Yang mana, BSM Berada dinomor 15 dari 120 bank se Indonesia.

"Sedangkan untuk dana pihak ketiga, BSM berada di rangking sembilan. Karena baiknya kinerja kami, sehingga serambi berkah diadakan di Pekanbaru," tuturnya.

Sementara itu, Gubernur Riau Syamsuar melalui Asisten I Pemprov Riau Ahmad Syah Harrofie juga menginginkan kegiatan serambi berkah tidak hanya tahun ini saja.  Tetapi setiap tahun akan dilaksanakan di Pekanbaru. Tentunya, ini akan memberikan manfaat ekonomi, budaya masyrakat.

"BSM dapat menjadi akses bagi masyarakat untuk produk syariah. Solusi kebutuhan masyarakat Riau. Apalagi BSM rangking dua dalam pendanaan syariah secara nasional. Mari bahu membahu masyarakat dengan kemudahan yang ditawarkan," rincinya.

Pada acara tersebut juga akan diserahkan bantuan kepada para penggerak UMKM dan santunan anak yatim yang langsung oleh asisten I pemprov Riau Ahmad Syarofi bersama Region Head PT Bank Syariah Mandiri Ahmad Zailani dan Alhuda Djanis selaku Area Manager Mandiri Syariah Pekanbaru.

Turut hadir Ketua OJK Pekanbaru Yusri, Kepala Kanwil Kemenag Pekanbaru Drs H Mahyuddin MA, Kepala Kanwil Kemenkumham Muhammad Diah, Kepala Baznas prov Riau H.Yurnal Edward SE, Msi, Ak. (rls)