PEKANBARU - Hujan lebat yang mengguyur Kota Pekanbaru pada Minggu (13/10) sore kemarin menyebabkan bencana banjir di beberapa wilayah, seperti di Pasar Buah Jalan Jenderal Sudirman.

Menanggapi hal ini, Walikota Pekanbaru Firdaus tidak menampik bahwa masih ada sejumlah drainase dan anak sungai yang tidak berfungsi dengan baik. Ia pun mengatakan, agar normalisasi drainase yang belum berfungsi dengan baik itu dapat dilakukan, maka peta sistem jaringan drainase harus disempurnakan lebih dulu.

"Sistem jaringan, kalau satu titik saja macet maka semua akan terkendala. Peta induk mesti disempurnakan, karena banyak sungai-sungai yang mati dan tidak berfungsi dengan baik," jelasnya, Senin, (14/10/2019).

Firdaus mencontohkan, dinas terkait seperti Dinas Pekerjaan Umum dan Pentaan Ruang (PUPR) maupun Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Pekanbaru sudah melakukan normalisasi dan pembersihan di beberapa drainase yang ada. Namun, tetap terjadi banjir di Jalan Sudirman kemarin, karena normalisasi tidak dilakukan secara menyeluruh.

"Diwilayah Tampan dan Payung Sekaki itu sudah kita masukkan alat berat untuk normalisasi aliran air. Tapi banjir seperti di Sudirman kemarin masih terjadi, karena normalisasi tidak dilakukan secara menyeluruh," jelasnya.

Oleh karena itu, Firdaus pun menargetkan peta sistem jaringan drainase ini dapat segera diselesaikan. Sehingga masalah banjir dapat segera diatasi di Kota Pekanbaru.

"Kita targetkan akhir tahun ini peta itu sudah selesai," tegasnya.***