PEKANBARU - Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Kota Pekanbaru-Kabupaten Kampar kapasitas 1000 liter per detik akan dibangun dengan nilai investasi Rp1,6 triliun. Rencananya, groundbreaking pembangunan SPAM ini akan dilakukan awal tahun 2020 mendatang.

Komisaris PT Sarana Pembangunan Riau (SPR), Azhar Syakban mengatakan bahwa dalam proyek ini, Konsorsium PPMV PT PP Infrastruktur, Maynilad Water Service Inc dan PT Varsha Zamindo Lestari, telah menerima surat keputusan penetapan pemenang pengadaan badan usaha kerjasama penyelenggaraan SPAM Lintas Kota Pekanbaru dan Kampar berkapasitas 1000 liter per detik.

Di mana, SK Penetapan Pemenang Pengadaan BUK SPAM Lintas Kota Pekanbaru-Kampar diberikan oleh Direktur PT SPR Nasir Day yang telah ditunjuk sebagai penyelenggara SPAM Regional Provinsi Riau oleh Gubernur Riau Syamsuar dan diterima oleh Direktur Operasional PT PP Infrastruktur, Satya Priambodo sekaligus sebagai kuasa resmi Konsorsium PPMW.

"Total nilai investasi yang akan digelontorkan oleh Konsorsium PPMV adalah sebesar kurang lebih Rp1,6 triliun. Ini akan meliputi pembiayaan pembangunan instalasi pengolahan air capasitas output 1000 liter per detik, beserta seluruh bangunan kelengkapannya, pembangunan pipa transmisi, pembangunan seluruh jaringan distribusi di area pelayanan serta membantu kedua PDAM untuk peningkatan kinerja dengan adanya twinning program," kata Azhar Syakban di BRK, Senin (2/9/2019).

Sementara itu, Direktur Operasional PT PP Infrastruktur, Satya Priambodo mengatakan, bahwa SPAM Lintas Kota Pekanbaru-Kampar akan melayani kurang lebih 624.000 jiwa.

"Atau sekitar 102.000 sambungan rumah yang akan terpasang di lima kecamatan yaitu Tampan, Bukit Raya, Marpoyan Damai dan Tambang dengan peningkatan cakupan layanan 0 persen di area pelayanan menjadi 55 persen (Greenfield). Nanti sebagai sumber bakunya itu Sungai Kampar," kata Satya.

Sedangkan standar kualitas air ini, air sudah siap minum sampai di rumah pelanggan dengan pelayanan 24 jam per hari.

"Diharapkan air minum ini dapat mengalir sampai di rumah pelanggan secara bertahap mulai tahun 2021. Nantinya, kerjasama ini sendiri akan berlangsung selama 30 tahun antara konsorsium PPMV dan Divisi Air PT SPR, PDAM Tirta Siak Kota Pekanbaru dan PDAM Tirta Kampar Kabupaten Kampar," tuturnya. ***