JAKARTA – Ariani Syafitri Rahadian sudah berada di Jerman setelah lulus dari SMA tahun 2012. Wanita asal Minangkabau ini meneruskan pendidikan di Fakultas Bioteknologi Molekuler Universitas Heidelberg, Jerman.

Di tengah menjalani pendidikan, Arin bergabung di Heidelberg Fecht Club-TSG Rohrbach yang ditangani mantan pelatih Tim Nasional (Timnas) Anggar Jerman, Monsieur Ollagnon pada era tahun 2000-an.

GoRiau

Pria asal Prancis yang lama di Jerman, sebelum melatih di HFC merupakan pelatih kepala Timnas Anggar Swiss hingga Olimpiade Tokyo 2020. Dan, dia pernah mengantarkan degen beregu putra Swiss menjadi juara dunia 2018.

Ditangani Monsieur yang sudah bekerja sama dengan banyak atlet-atlet juara dunia dan Olimpiade, Arin, panggilan akrabnya, mengaku banyak mengalami perkembangan. Hal ini terlihat dari prestasi yang dicapainya dalam beberapa kejuaraan.

GoRiau

"Cara latihannya yang meskipun penuh disiplin tinggi, tapi benar-benar mengajak saya untuk berpikir dan memahami esensi dari anggar itu sendiri. Dan, saya merasakan banyak kemajuan," kata Arin yang kini melanjutkan pendidikan S-2.

"Saya merasa sangat bersyukur, bahwa walaupun saya memulai anggar di waktu yang terhitung sangat terlambat dan hanya karena penasaran di awalnya, tapi bisa dapat kesempatan berharga dilatih oleh pelatih kelas dunia," tambahnya.

GoRiau

Berbicara soal target ke depan, Arin menyebut jangka pendek bisa menembus babak 16 besar di pertandingan anggar nasional Jerman dan juga tampil di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 Sumatera Utara-Aceh. Sedangkan jangka panjang bisa mengikuti kejuaran dunia dan menembus babak 32 besar.

Ketika disinggung apakah tidak rindu dengan masakan khas padang tinggal begitu lama di Jerman, Arin menjawab,"Ya pasti rindu. Biasanya kalau ingin menikmati masakan padang saya suka meminta kiriman rendang dari teman-teman yang akan pulang ke Indonesia. Tapi, kalau tidak ada yah masak sendiri." ***

Biodata:

Nama : Ariani Syafitri Rahadian
Lahir: Padang, Sumatera Barat, 8 Mei 1995
Mulai latihan anggar : 2017
Jenis senjata : Degen/Epee
Sekolah/Jurusan : Universitas Heidelberg/Bioteknologi Molekuler
Klub anggar : Heidelberg Fecht Club-TSG Rohrbach

Prestasi
- Perunggu Sabre putri beregu - 2018 German National University Fencing Championship, T├╝bingen
- Perunggu Degen putri perorangan - 7th Korea National Fencing Club Championship, Seoul 2019
- Perunggu Degen putri perorangan - Gangnam Fencing Championship 2019, Seoul 2019
- Emas Degen putri beregu - 2019 Korea University Fencing Championship, Seoul
- Perak Degen putri beregu - 2022 Baden-W├╝rttemberg state fencing
championship, Tauberbischofsheim 2022 - Peringkat 5 Degen putri beregu - 2022 German University Championship, Heidelberg.