DUMAI - Terjadi peningkatan penderita Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) di Kota Dumai Riau, akibat asap kiriman dari kabupaten tetangga.

Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Dumai, dr Hafidz Permana mengatakan, peningkatan penderita ISPA terjadi pada minggu terakhir di bulan Agustus 2019.

"Peningkatan terjadi 60 orang setiap harinya, dimana sebelumnya hanya 130 orang setiap harinya, " kata dr Hafidz Permana kepada GoRiau.com, Minggu (1/9/2019).

Dikatakannya, peningkatan tersebut terjadi akibat buruknya kualitas udara yang diakibatkan asap kiriman kebakaran hutan dari wilayah tetangga. "Asap tebal ini terjadi saat angin mengarah ke Kota Dumai, " katanya.

Disebutkannya, juga pihaknya terus menghimbau kepada seluruh warga Dumai untuk mengurangi aktifitas diluar rumah agar terhindar dari penyaki ISPA. "Saat ini masih kita lihat banyak warga Dumai yang tidak menggunakan masker, " katanya kembali.

Hingga saat ini, penderita ISPA di Kota Dumai sendiri tidak ada yang sampai dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD).

Pantauan GoRiau.com di lapangan, asap kiriman tersebut masih terlihat jelas hingga sore hari, sehingga membuat warna langit berubah berwarna kecoklatan. ***