JAKARTA - Android 11 resmi diluncurkan setelah berbulan-bulan hanya dalam versi beta, dan dirilis ke lebih banyak perangkat tidak hanya untuk ponsel Google Pixel, namun juga untuk ponsel milik OnePlus, Xiaomi, Oppo dan Realme.

Dikutip dari The Verge, Rabu (9/9/2020), versi final Android 11 kini tersedia untuk diunduh di Pixel 2, 3, 3A, 4 dan 4A. OnePlus juga telah mengonfirmasi bahwa OnePlus 8 dan 8 Pro akan mendapatkan Android 11 mulai hari ini di Amerika Utara, Eropa dan India melalui beta terbuka, seperti halnya Oppo X2 dan Reno3.

Google juga berjanji untuk mengharapkan "lebih banyak mitra yang meluncurkan dan meningkatkan perangkat selama beberapa bulan mendatang," sehingga peluncuran tersebut akan menjadi yang pertama dari banyak pengumuman pembaruan Android 11 selama beberapa pekan ke depan.

Android 11 menambahkan sejumlah fitur baru ke sistem operasi seluler milik Google tersebut, meskipun secara keseluruhan, pembaruan tersebut tidak terlalu berfokus pada penambahan fungsionalitas baru, dan lebih kepada mempermudah mengelola banyak hal yang sudah dapat dilakukan di ponsel.

Perubahan terbesar adalah bagaimana Android 11 menangani percakapan dengan mengelompokkan pemberitahuan dari aplikasi perpesanan dalam laci pemberitahuan, dan menambahkan antarmuka gelembung mirip gaya Facebook Messenger untuk membuatnya lebih mudah diakses.

Ada pula kontrol baru untuk media, antarmuka baru untuk screenshoot, menu kontrol smarthome yang ditingkatkan -- dapat diakses dengan menekan lama tombol daya, serta setelan izin yang lebih ketat.

Meskipun saat ini Android 11 akan tersedia di beberapa ponsel, masih ada beberapa fitur eksklusif untuk perangkat Google Pixel, termasuk fitur berbagi lokasi AR yang dimaksudkan untuk memudahkan bertemu dengan teman, sebuah fitur bawaan -- dalam versi fungsionalitas Google Smart Reply pada Gboard. ***