JAKARTA -- Sebagian pengguna WhatsApp (WA) tidak menyadarinya akun WA miliknya disadap dan digunakan orang lain. Pertanyaannya, bagai mana cara mengetahui bahwa akun WA kita disadap?

Dikutip dari detikcom yang melansir dari Alphr, Ahad (12/9/2021), berikut ini tanda-tanda akun WA disadap:

1. Cek informasi kontak

Buka opsi 'Settings' di WA, kemudian sentuh profil yang ada pada bagian atas menu. Perhatikan informasi dan verifikasi akun, apakah sudah akurat dan up-to-date sesuai yang terakhir Anda pasang?

Jika ada yang berubah, maka kamu harus waspada. Jangan-jangan ada yang menyadap dan memakai akun WA Anda tanpa disadari.

2. Perhatikan komunikasi di WA

Apakah kamu menemukan pesan-pesan yang mencurigakan dan kamu merasa tidak pernah mengirimnya? Atau justru kamu menemukan pesan janggal berisi code WhatsApp aneh?

Coba cek di tombol search (yang berbentuk kaca pembesar) dengan menulis 'WhatsApp' untuk melacaknya lebih mudah. Kalau Anda menemukannya, hati-hati, itu tandanya WhatsApp Anda disadap dan dipakai orang lain.

3. Teman baru -- yang tak dikenal

Coba cek kontak dan telusuri, adakah nomor tidak dikenal yang tiba-tiba jadi teman? Kalau ada yang menyadap dan memakai akun kamu juga, kamu pasti akan menemukan jejak entah pesan atau jejak telepon pada history WhatsApp yang tidak kamu kenali.

4. Sudah cek dari WhatsApp Web?

Kini WhatsApp sudah bisa dipakai di empat perangkat berbeda. Karenanya wajib melakukan pemantauan pada WhatsApp Web dengan membuka titik tiga di pojok kanan, pilih 'WhatsApp Web'. Di sini akan terlihat di mana saja akun WA terkoneksi.

Kalau menemukan perangkat yang tidak dikenali, terkoneksi dengan WhatsApp Anda, itu artinya disadap. Remove langsung perangkat yang tidak dikenali seumpama menemukannya.

Tindakan pencegahan

Langkah untuk mengamankan akun WA agar tidak disadap oleh orang lain yang tidak diinginkan adalah dengan verifikasi dua langkah yang harus dilakukan. Berikan pin, kunci menggunakan fingerprint, dapat membantu penjahat kesulitan masuk ke celah keamanan WhatsApp.

Terakhir, jangan sembarangan membuka link yang diberikan orang lain dan jangan membagikan kode OTP seandainya kamu menerimanya.***