SEOUL – Aktris Korea Selatan, Yoo Joo Eun, diduga bunuh diri. Joo Eun ditemukan tak bernyawa di rumahnya, Senin pagi (29/8/2022).

Dikutip dari Tempo.com, meninggalnya Joo Eun diungkapkan kakak laki-lakinya di halaman Instagramnya dengan mengunggah surat Yoo Joo Eun yang ditulis sebelum meninggal. 

''Pada 29 Agustus 2022, Joo Eun telah meninggalkan dunia ini untuk pergi ke tempat yang nyaman. Bagi yang punya waktu, tolong ucapkan selamat tinggal pada Joo Eun di perjalanan. Sesuai permintaan terakhir Joo Eun, saya membagikan postingan ini,'' tulis sang kakak dalam keterangan unggahannya itu. 

Dalam suratnya, Joo Eun meminta maaf kepada ibu, ayah, nenek, dan kakak laki-lakinya lantaran harus pergi dulu. Ia mengisyaratkan untuk mengakhiri hidupnya dan sudah berpikir lama.

''Hatiku berteriak, aku tidak ingin hidup. Hidup tanpaku mungkin kosong, tapi tolong jalani dengan berani. Aku akan mengawasi semuanya. Jangan menangis. Kalian akan terluka. Aku sama sekali tidak sedih saat ini. Aku merasa tegar dan tenang. Aku sudah memikirkan ini sejak lama. Aku telah menjalani kehidupan yang begitu bahagia lebih dari yang pantas aku dapatkan. Itu sudah cukup bagiku,'' tulis bintang Big Forest yang ditayangkan di TvN itu. 

Yoo Joo Eun merasa keputusannya itu bukan berdasarkan keputusasaan. Ia pun tidak merasa selesai di dunia itu membuat jiwanya turut mati.

''Aku tidak mati, jadi semuanya, tolong hiduplah dengan baik. Aku berharap banyak orang diundang ke pemakamanku, dan aku ingin melihat semua orang untuk pertama kalinya dalam beberapa saat dan memeriksa siapa saja yang mengalami kesulitan.''

Tapi Yoo Joo Eun juga mengakui, menjalani hidup sebagai aktris itu tak mudah. Ia memang berhasrat besar berakting. Tapi persaingannya terlalu keras.

''Mungkin itu semua milikku, dan itu adalah bagian dari diriku. Namun, menjalani hidup itu tidak mudah. Aku tidak ingin melakukan hal lain. Tidak ada harapan. Memiliki sesuatu yang ingin Anda lakukan adalah berkah, tetapi aku sadar bahwa hanya ingin melakukan hal itu adalah kutukan,'' tulis Yoo Joo Eun.

Menurut dia, keputusannya untuk mengakhiri hidup tak akan membuat Tuhan 'marah'. ''Tuhan mencintaiku, jadi dia tidak akan mengirimku ke neraka. Dia akan mengerti perasaanku dan peduli padaku ke depannya. Itu sebabnya, semuanya, jangan khawatir,'' tulisnya menambahkan. 

Yoo Joo Eun meminta keluarga dan para sahabatnya untuk tidak menangisi kepergiannya. Ia berterima kasih lantaran merasa dicintai dan mencintai.

''Dan untuk semua hubungan berharga yang telah saya buat, terutama para guru, saya sangat berterima kasih, dan saya menghormati Anda semua. Terima kasih banyak telah mengajari saya banyak hal dalam hidup. Ibu, Ayah, aku mencintaimu. Jangan menangis.''

Sang kakak tidak menerangkan bagaimana menemukan adiknmya meninggal dan dengan cara apa. Pemakaman adiknya akan diadakan di Rumah Sakit Universitas Ajou.***