PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru mendata sebanyak 436 anak mengalami stunting atau kekurangan gizi kronis, berdasarkan data tahun 2020. Anak-anak ini ada di 15 kelurahan di Kota Pekanbaru.

Wali Kota Pekanbaru, Firdaus mengatakan penyebab stunting hampir 70 persen dipengaruhi oleh lingkungan dan 30 persennya kekurangan gizi. Pihaknya sudah melakukan pemetaan berdasarkan daerah dimana terdapat kasus stunting untuk melakukan pembenahan.

"Stunting penyebabnya 30 persen gizi dan 70 persen lingkungan. Saat ini permasalahan sudah dipetakan dalam program jangka pendek berdasarkan wilayahnya, tinggal dilakukan pembenahan," ujarnya, Kamis (22/7/2021).

Menurutnya, Pemko Pekanbaru menargetkan Pekanbaru akan nol kasus stunting pada tahun 2024. Oleh karenanya, diharapkan agar seluruh dinas terkait pembenahan lingkungan, segera turun untuk melihat permasalahan di 15 kelurahan yang sudah dipetakan.

"Sebenarnya upaya-upaya pembenahan lingkungan sudah dilakukan, baik program dari nasional, provinsi, dan pemko sendiri melalui kotaku. Contohnya, penyediaan air bersih, salah satunya dengan sumur bor air dalam, tapi ini merupakan program jangka pendek," jelasnya.

Pemko juga memiliki program jangka panjang, seperti program dari peningkatan layanan PDAM Tirta Siak, yang siap menambah 55.000 sambungan ke rumah warga Pekanbaru. Selain itu, Pemko Pekanbaru, Pemkab Kampar dan Pemprov Riau akan membangun instalasi air bersih, yang melayani tiga Kecamatan di Pekanbaru dan dua Kecamatan di Kabupaten Kampar.

"Instalasi air bersih ini adalah air siap minum dengan kecepatan 1.000 liter per detik," terangnya.

Adapun dari segi gizi, diminta agar dinas berkaitan dengan kesehatan seperti Dinas Ketahanan Pangan, Diskes dan Distankan memanfaatkan program-program yang sudah ada.

"Ada 15 kelurahan harus ditingkatkan kualitas pangannya. Kita minta OPD teknis berkolaborasi untuk menyusun program meningkatkan kualitas pangan dan kesehatan," paparnya.

Sementara itu, berikut ini data prevalensi balita stunting tertinggi di Kota Pekanbaru di 15 kelurahan :

1. Suka Mulia 35 2. Melebung 8 3. Tanjung RHU 63 4. Bencah Lesung 29 5. Pesisir 28 6. Rejosari 69 7. Rumbai Bukit 15 8. Tuah Negeri 14 9. Bambu Kuning 26 10. Okura 12 11. Air Dingin 27 12. Lembah Sari 12 13. Limbungan Baru 18 14. Tirta Siak 15 15. Sialang Sakti 65. ***