JAKARTA -- Sebanyak 3.830 orang positif Covid-19 yang seharusnya melakuan isolasi, terdeteksi pernah berada di area publik atau fasilitas umum. Mereka terdeteksi dari warna hitam pada aplikasi PeduliLindungi.

''Kita bisa lihat suprisingly tetap aja ada 3.830 orang yang masuk kategori hitam, hitam itu artinya positif Covid-19 tapi masih jalan-jalan,'' ujar Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, saat rapat dengan Komisi IX DPR, Senin (13/9/ 2021), seperti dikutip dari merdeka.com.

Sambung Budi, dari laporan yang diterima Kemenkes, diketahui sebanyak 3.161 orang berkategori hitam tercatat pernah melakukan pemindaian kode QR aplikasi PeduliLindungi di pusat perbelanjaan atau mal. 

Sementara 43 orang tercatat pernah masuk Bandara, 63 orang naik kereta, dan 55 orang masuk restoran.

Menkes sangat menyesalkan masih ada masyarakat yang terbukti positif Covid-19 dan seharusnya menjalani isolasi, masih tetap berkeliaran di ruang publik. 

''Padahal orang-orang ini adalah orang-orang yang sudah teridentifikasi positif Covid-19 yang harusnya stay di rumah atau isolasi terpusat,'' kata dia.

Lebih lanjut, Budi mengatakan seluruh aktivitas pengguna positif Covid-19 telah terdeteksi. Selanjutnya, pihaknya segera mengambil tindakan tegas dengan memaksa para pengguna tersebut melakukan isolasi.

''Kita bisa lacak mereka dan memastikan segera kita ambil untuk kita lakukan isolasi,'' kata dia.***