DUMAI-Pemerintah Kota Dumai telah mengirim 3 nama hasil seleksi calon Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Dumai ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).  Tiga nama yang telah dikirim itu adalah Hendra, Indra Gunawan dan Syahrinaldi. Siapa yang bakal terpilih?

Walikota Dumai, Paisal mengungkapkan, terkait jabatan Sekda Pemko Dumai masih menunggu rekomendasi dari KASN untuk menentukan jabatan definitif Sekdako Dumai.‎

"Panitia seleksi sudah melakukan seleksi terbuka calon sekda Dumai, dimulai dari seleksi administrasi, seleksi kompetensi manajerial, seleksi kompetensi akademik dan tes kesehatan jasmani dan rohani," ujarnya, Rabu (22/9/2021).

"Hasil seleksi sudah dikirim ke KASN. Sekarang menunggu rekomendasi dari KASN," imbuhnya seperti dikutip dari Pekanbaru.tribunnews.com.

Seleksi Sekda Dumai dilakukan melalui lelang terbuka mengacu pada Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 52 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama secara Terbuka dan Kompetitif di Lingkungan Instansi Pemerintah dalam Kondisi Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Corona Virus Disease (Covid-19).

"Jika rekomendasi dari KASN keluar dalam minggu ini, Pemko Dumai akan langsung mengusulkan pelantikan calon Sekda ke Kemendagri melalui Gubernur Riau," sebutnya.

Paisal menerangkan, setelah mendapat persetujuan pelantikan, maka pekan depan akan langsung dilakukan pelantikan terhadap Sekda definitif guna mengisi kekosongan jabatan sekda sebelumnya yang pindah ke Provinsi Riau.

"Mudah-mudahan rekomendasi dari KASN segera turun agar Sekda definitif segera dilantik dan bisa membantunya dalam menjalankan pembangunan di Kota Dumai," ujar Paisal.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Dumai melalui Panitia Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kota Dumai, resmi mengumumkan hasil tes.

Hasil yang diumumkan adalah tes Kompetensi Akademik dan Bidang Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Sekretaris Daerah Kota Dumai, Kamis (9/9/2021).

Berdasarkan keputusan panitia seleksi Nomor 04/PANSEL.SKD/2021 tanggal 9 September 2021, tentang penetapan, hasil akhir seleksi terbuka Jabatan pimpinan tinggi pratama.

Sekretaris Daerah Kota Dumai tahun anggaran 2021, ada tiga dari enam peserta yang dinyatakan lulus. Tiga nama tersebut yakni, ‎Hendra, Indra Gunawan, dan Syahrinaldi.

Seperti diketahui, dua nama hasil seleksi calon sekda Dumai Hendra dan Syahrinaldi, keduanya merupakan pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Dumai. Sementara satu nama lagi adalah Indra Gunawan, saat ini menjabat Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Bengkalis.***