BENGKALIS, GORIAU.COM - Tahapan seleksi calon anggota Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bengkalis telah mengerucut, tinggal 10 nama. Dari 10 nama itu, 3 diantaranya merupakan muka-muka lama alias incumbent, bahkan ada yang sudah 2 priode menjabat.

Adapun 3 muka lama itu adalah Iskandar (Ketua KPU Bengkalis saat ini), Defitri Akbar (anggota KPU) dan Syuib (anggota KPU). Sementara muka-muka baru ada Marzuli (wartawan), Khairul Saleh, Rusni Lebra, Eri Hamzi, Herizal, Nuryana dan Elmiawati.

Sampai tahapan ini, memang tidak banyak protes dari masyarakat maupun dari peserta yang ikut seleksi terhadap kinerja Tim Seleksi Calon Anggota KPU Bengkalis yang diketui Sofyan Adnan.

Dari 10 nama ini, nantinya yang terpilih menjadi komisioner hanya 5 orang, yakni rangking 1 sampai 5. Kendati 10 nama ini akan diserahkan ke KPU Riau untuk menjalani tahapan wawancara, tapi dari informasi yang diperoleh nama-nama yang dikirim nanti sudah berdasarkan rangking. Tidak tertutup kemungkinan wawancara di KPU Riau hanya formalitas saja.

Menyikapi kondisi ini, masyarakat tetap berharap proses seleksi berlangsung fair, tidak ada titipan-titpan. Timsel diharapkan juga lebih memberi peluang kepada muka-muka baru yang lebih energik dan fresh.

''Ada yang sudah 2 priode menjabat sebagai anggota KPU Bengkalis. Saya rasa cukuplah, kasi kesempatan wajah-wajah baru yang secara kualitas punya kemampuan untuk itu. Termasuk juga yang perempuan, juga harus diberi kesempatan,'' ujar Afdal Aulia, Sekretaris PWI Bengkalis.(jfk)