PEKANBARU, GORIAU.COM - Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) Riau akan menghadirkan pakar-pakar dan pemerhati komunikasi se-Indonesia ke Pekanbaru, Provinsi Riau pada Bulan April 2015 yang akan datang dalam suatu kegiatan Seminar Nasional dan Pelatihan Komunikasi serta kegiatan Call for Paper untuk para Praktisi Komunikasi dari lembaga Pemerintahan, BUMN dan Perusahan Swasta, Akademisi, Pemerhati dan Peneliti Komunikasi se Indononesia sekaligus Pengukuhan dan Pelantikan Pengurus ISKI Riau Periode 2015 – 2019 yang mengambil Thema: Peran ISKI dalam Memperkuat Kompetensi Komunikasi di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana Nova Yohana, S.Sos., M.I.Kom. didampingi oleh Sekretaris Assyar Abdullah, S.Sos., M.I.Kom. kepada media menjelaskan:"Seminar Nasional dan Pelatihan Komunikasi serta kegiatan Call for Paper sekaligus Pengukuhan dan Pelantikan Pengurus ISKI Riau Periode 2015 - 2019 yang direncanakan akan dilaksanakan pada Tgl.15-16 April 2015 yang  akan datang di Pekanbaru. Panitia akan menghadirkan para pakar komunikasi yang juga para Guru Besar Komunikasi dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia dan sebagai keynote speaker nya adalah Plt Gubernir Riau Ir. H. Arsyadjuliandi Rachman MBA menyangkut Tata takelola dan Pemegang kebijakan komunikasi dalam menyampaian hasil pembangunan di Riau. Kita telah menyampaikan undangan kepada para peserta seminar kepada perguruan tinggi baik yang di Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Papua serta hampir seluruh pemakalah sudah konfirmasi untuk kehadiran, segala persiapan sudah kita mulai dua minggu terakhirnya, terutama masalah administrasi dan pertemuan-pertemuan persiapan teknis kegiatan." demikian Nova menjelaskan. .

Sementara itu Ketua Umum ISKI Riau, Ir.Nurul Huda, MH.M.Ikom yang juga sehari-hari sebagai Praktisi Public Relations dari Perusahaan Sinar Mas Group menambahkan, Kepengurusan ISKI Riau yang akan dikukuhkan nanti merupakan periode pertama semenjak terjadinya perubahan Organisasi ISKI pada Kongres Nasional 2013 di Padang Sumatera Barat.

"Tekat saya sebagai mandataris dan ketua yang terpilih secara aklamasi pada Desember 2014 lalu di Kampus Universitas Riau adalah melakukan konsolidasi total organisasi dan anggota ISKI di Riau serta untuk meletakan dasar-dasar tata kelola komunikasi yang baik, berkompetensi dan profesional bagi para pelaku komunikasi baik di insntansi pemerintahan dan swasta, perguruan tinggi dan para pemerhati komunikasi lainnya untuk menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) 2015 khususnya bagi Pemegang dan Pelaku Komunikais di Provinsi Riau, dan umumnya Indonesia, bagi Riau MEA ataupun AFTA (Asean Free Trade Area) 2015 mempunyai tantangan tersendiri dibanding provinsi-provinsi lainnya di Indonesia, karena secara geografis Provinsi Riau berdampingan sekali dengan negara tetangga seperti Singapore, Malaysia dan Thailand dalam komunitas ASEAN yang akan membuat persaingan tenaga kerja profesional para pelaku komunikasi, Pasar bebas ASEAN akan membuka peluang tenaga kerja asing untuk mengisi berbagai jabatan serta profesi yang masih sedikit tenaga asingnya. dunia industri komunikasi di Indonesia termasuk Riau sudah tentu akan mengalami imbas pemberlakukan MEA ini, oleh sebab itu ISKI Riau bekerjasama dan mendukung dunia Pendidikan Tinggi, Pemerintahan Provinsi, Kabupaten, Perusahaan BUMN dan Swasta di Riau mempunyai tekat yang sama meletakan dasar-dasar pendidikan tinggi komunikasi yang berkompetensi dan profesional serta bertata kelola komunikasi yang baik di Riau  untuk menghadapi MEA 2015 tersebut," jelas Nurul Huda.rls