TELUKKUANTAN – Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau berencana membangun rumah adat di sekitar Taman Jalur. Di lokasi tersebut, juga bisa dibangun Gedung Kantor PWI Kuansing.

Hal ini disampaikan Bupati Kuansing Suhardiman Amby dalam sambutannya pada pelantikan pengurus PWI Kuansing periode 2023 - 2026, Kamis (25/4/2024) siang di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kuansing.

"Di pinggir Sungai Kuantan, sekitar Polsek arah ke Wisma Jalur itu akan dibangun rumah adat dan bangunan lain. Lahan ini juga bisa dijadikan lokasi gedung baru PWI," kata Suhardiman. Ini ia sampaikan karena adanya aspirasi dari Ketua PWI Kuansing Desriandi Candra tentang gedung permanen milik PWI Kuansing.

Saat ini, PWI Kuansing berkantor di gedung eks Bappeda Kuansing dengan status pinjam pakai. Menurut Desriandi, sudah selayaknya PWI Kuansing mendapatkan gedung baru seperti PWI Bengkalis dan PWI Kampar serta PWI lainnya.

"Wartawan itu mitra pemerintah. Karena itu, kami akan senantiasa mendukung PWI. Mari berkomunikasi dengan baik, jika ada persoalan, kita buka komunikasi, saya terbuka," kata Suhardiman.

Ia pun juga berharap wartawan di Kuansing bisa memberikan informasi secara jelas dan berimbang. Informasi yang jelas dan berimbang akan mampu menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Di hadapan pengurus PWI Riau, Suhardiman menyatakan komitmennya untuk peningkatan kualitas wartawan di Kota Jalur. Bahkan, ia sudah menyiapkan anggaran untuk sekolah wartawan.

"Saya berharap, PWI ini motor penggerak dalam membentuk wartawan profesional di Kuansing. Sangat banyak wartawan di luar PWI dan saya ingin kualitasnya sama dengan PWI, mereka lulus UKW. Kita siapkan dana untuk UKW ini," kata Suhardiman.

Suhardiman berpendapat, wartawan yang profesional akan melahirkan informasi yang berkualitas. Keberadaan wartawan sangat penting dalam menggali potensi daerah yang ada, mulai dari alam, pariwisata, budaya dan lain-lain.

"Jika potensi ini terangkat, tentu akan mendatangkan para investor ke Kuansing. Jika investor masuk, lapangan pekerjaan akan terbuka lebar, perekonomian pun berjalan," papar Suhardiman.

Pengurus PWI Kuansing periode 2023 - 2024 yang diketuai oleh Desriandi Candra dilantik oleh Ketua PWI Riau Raja Isyam Aswar. Pada kesempatan ini, Raja mengingatkan anggota PWI untuk bekerja sesuai kode etik.

"Bekerja sesuai kode etik, wartawan yang hebat itu wartawan yang beretika," kata Raja.

Ia pun mengingatkan agar PWI Kuansing senantiasa menjadi mitra pemerintah. Sebab, sejak dulu PWI adalah bagian dari pemerintahan yang ikut andil dalam perjuangan kemerdekaan.***