SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Siapa yang kenal dengan Joko Widodo atau yang lebih populer dengan Jokowi. Mulai dari anak sekolahan hingga orang 'bau tanah' sekalipun mengenalnya.

Popularitas Jokowi melejit sejak ia memimpin Kota Jakarta. Ia semakin disenangi warga lewat blusukan-blusukan yang dilakukannya. Jokowi tidak segan turun ke bawah, meski masuk ke dalam got sekalipun.

Walaupun saat ini, program andalan Jokowi mengatasi banjir DKI sedang diuji. Namun, ujian tersebut tidak berpengaruh pada popularitasnya sebagai Calon Presiden.

Hal itu dibuktikan oleh berbagai lembaga survey yang ada di Indonesia. Dimana, Jokowi tetap unggul dari Capres lainnya. Nah, popularitas inilah yang dimanfaatkan sebagian Calon Legislatif (Caleg) DPRD tingkat I dan II di Riau dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Namun, beberapa Caleg yang dijumpai GoRiau.com enggan untuk berkomentar banyak terkait Alat Peraga Kampanye (APK) menyertakan poto Jokowi. Salah seorang Caleg PDIP untuk DPRD Siak beranggapan, itu salah satu upaya untuk menarik suara masyarakat.

"Kami sangat yakin, menyertakan gambar Jokowi sangat berpengaruh dalam meraup suara pada 9 April mendatang," ujar Caleg yang tak ingin disebutkan namanya.

Tidak hanya sampai disitu, beberapa Caleg PDIP malah berdandan ala Jokowi. Dimana, mereka mengenakan baju bermotif kotak-kotak. Baju inilah yang semakin menonjolkan ciri khas Jokowi.

Dikatakannya, ada atau tidaknya pengaruh poto Jokowi pada perolehan suara nantinya, akan dibuktikan pada April mendatang. "Berpengaruh atau tidak, nanti kita lihat. Yang jelas, sekarang ini kita tetap berusaha," cetusnya.

Ya, semua kembali ke tangan masyarakat. Apakah Jokowi yang memimpin Jakarta mampu memberikan sumbangsi kepada perolehan suara Caleg PDIP di Riau?(san)