PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM - Kabut asap yang mulai menyelimuti wilayah Kabupaten Pelalawan dalam beberapa hari terakhir, dikhawatirkan akan berdampak buruk bagi kesehatan masyarakat. Meski kabut asap yang menyelimuti masih dalam batas normal.

Terkait hal itu, Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Pelalawan, dr Endid RP, Rabu (22/7/2015), kepada GoRiau.com menyampaikan jika pihaknya telah menginstruksikan kepada seluruh puskesmas untuk melakukan kewaspadaan.

Dijelaskan Endid, sebagai antisipasi pihaknya telah menginstruksikan kepada semua Puskesmas dan UPTD Dinas Kesehatan untuk melakukan kewaspadaaan dampak kabut asap, dengan meningkat sistim kewaspadaan dini (SKD) pada semua tingkat pelayanan kesehatan.

"18 ribu masker telah disiapkan. Kita sedang mendistribusikan ke seluruh puskesmas yang ada di daerah ini," sebut Endid menjelaskan.

Sambung Endid, pembagian masker tersebut nantinya, selain dibagikan oleh Diskes langsung, masker juga di bagikan melalui Puskesmas yang ada di Kabupaten Pelalawan.

"Kabut asap yang terjadi saat ini belum berpengaruh kepada kesehatan masyarakat," katanya.

Endid menambahkan, berbagai langkah antisipasi dilakukan. Selain menyiagakan layanan kesehatan dan menyediakan masker, pihaknya juga akan terus memantau perkembangan dampak dari kabut asap yang terjadi.(***)‎