PEKANBARU, GORIAU.COM - Pentolan geng motor di Pekanbaru Klewang (58) alias ketua besar punya rekam jejak kriminal yang panjang. Menurut Kasat Reskrim Polresta Pekanbaru, Kompol Arief Fajar Satria, Klewang adalah otak dari sejumlah kejahatan yang dilakukan geng motor pimpinannya. Geng motor ini diperkirakan sudah berkembang hingga ke Kampar dan Duri

''Klewang terlibat kasus pemerkosaan terhadap remaja wanita di beberapa lokasi. Klewang juga pentolan di situ,''tutur Arief di Pekanbaru, Senin (13/5/2013).

Klewang datang ke Pekanbaru tahun 1958 silam. Dia ikut orang tuanya, seorang anggota Brimob yang pindah tugas ke Pekanbaru. Sedangkan Bambang, anaknya sudah duluan masuk ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A, Pekanbaru. Dia ini terlibat kasus curas, perampasan dan pengrusakan.

Arief Fajar juga sudah berkomitmen bersama kepala sekolah dan Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, jika ada anak didiknya yang terlibat dalam geng motor, maka akan dikeluarkan dari sekolah yang bersangkutan.

''Klub-klub motor yang ada di Pekanbaru juga telah kita rangkul, jika mereka melihat keberadaan adanya geng motor, laporkan ke kami. Akan kita autensi. Karena geng motor ini sudah berkembang hingga ke Kampar dan Duri," ungkap Arief Fajar. ***