RENGAT, GORIAU.COM -Untuk meningkatkan produktifitas dan produksi. Padi di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Dinas Pertanian Inhu ajulkan bantuan 20 unit Hand Traktor melalui Dirjn Pertanian pusat.

"Untuk tahun 2014, kita sudah mengajukan bantuan alat pertanian melalui Dirjen Pertanian pusat, yaitu berupa 20 unit Hand Traktor, 2 unit Transplenter dan 20 unit mesin pompa air", ujar Kadis Pertaanian Inhu Rahmaat, SP, Msi, Jumat (6/12/2012).

Begitu pengajuan alat pertanian tersebut terealisasi, nantinya akan diserahkan kepada para petani melalui kelompok, sebab alat yang sudah ada saat ini masih belum mencukupi, ujar Rahmat.

Rahamat menerangkan, jika semua kelompok tani sudah memiliki peralatan pertanian yang bagus dan canggih dan dilakukan pembinaan yang sepadan, maka saya yakin produktifitas petani dengan sendirinya akan terangkat.

Sehingga, hasil atau produksi petani dalam hal ini produksi padi di Kabupaten Inhu dengan sendirinya tentu akan meningkat seperti yang diharapakan.

Maka dari itu, Dinas Pertanian Inhu beranggapan, jika hanya mengandalkan APBD daerah untuk pembelian lat atau sarana pertanian tersebut, tentu akan memakan waktu lama, sehingga kit mengajukan bantun alat pertanian ini melalui dana APBN sektor Dirjen Pertanian.

"Kita berharap apa yang kita rencanakan dn yang kita jukan tersebut dapat terealisasi, sehingga tekt kita dalam usaha meningkatkan produksi padi di kabupaten Inhu ini bisa terwujud, tandas Rahmat optimis.

(jef)