DUMAI, GORIAU.COM – Cuaca di Kota Dumai Riau kembali tercemari oleh tingkat Poluttan Standar Indek (PSI) diatas 175. Akibatnya udara di Dumai memburuk dan dinilai berbahaya bagi kesehatan.

Kabut asap sejak pagi membatasi jarak pandang di Kota Dumai, Senin (22/7/13) dini hari tadi diperkirakan jarak pandang hanya berkisar 100 sampai 150 meter, sehingga pengendara diharuskan berhati-hati saat berkendara. 

Memasuki siang hari jarak pandang mencapai 500 meter yang mengakibatkan pengguna jalan harus menyalakan lampu disiang hari guna menghindari kecelakaan lalu lintas. 

Kepala BPBD Dumai Novizar, kepada Goriau.com mengatakan, indeks pencemaran udara di kota Dumai berada di atas 100 PSI. Kondisi itu dikategorikan udara tidak sehat. 

“Udara di Dumai sudah tidak sehat, terdeteksi indek udara diatas 100 PSI bahkan mencapai 175 PSI. Oleh karenya sebaiknya warga mengurangi aktivitas diluar rumah,” sebut Novizar. 

Sejumlah warga mulai mengeluhkan batuk, mata perih, dan infeksi saluran pernapasan atas (ISPA). Warga pun meminta pemerintah membagi-bagikan masker untuk mengantisipasi dampak lebih buruk.(egy)