TEMBILAHAN, GORIAU.COM - Wakil Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), H Rosman Malomo menyebut akan membekukan koperasi-koperasi di Inhil yang hanya memiliki nama namun tidak terlihat aktivitasnya, baik dalam melakukan RAT maupun kegiatan simpan pinjam kepada anggota koperasi.

Sesuai dengan apa yang disampaikan Gubernur Riau, H Annas Maamun saat ramat tamah bersama Menteri Koperasi dan UKM bahwa ada beberapa koperasi yang sudah bagus dan maju di Provinsi Riau, dikatakan Wabup Inhil juga memiliki beberapa koperasi yang layak dibanggakan. ''saya kira di Inhil juga seperti itu, ada beberapa koperasi diantara sekian banyak koperasi yang ada, sudah memenuhi ketentuan dan diharapkan kedepan dapat dipertahankan dan terus maju,'' kata Wabup Inhil.

Namun demikian, Wabup mengatakan harus diaku pula, ada sebagian koperasi yang masih perlu dipacu,karena masih ada sebagian koperasi yang terkesan hanya memiliki papan nama tapi tanpa adanya aktivitasnya.

''Ini yang perlu ditinjau,sebab betapa banyak orang yang ingin mendirikan koperasi terhalang karena memang sudah penuh jadi tidak bisa lagi mendirikan koperasi. Kenapa kita tidak mencoba melihat koperasi yang ada , kalau memang tidak bisa aktif lagi sebagaimana ketentuan yang ada saya kira dibekukan saja, dirikan koperasi baru selama tidak melanggar aturan. Saya fikir itu intinya,'' kata dia pula.(ayu)