BAGANSIAPIAPI - Ratusan siswa SDN 001 Kencana Kecamatan Balai Jaya Kabupaten Rokan Hilir, saat ini terpaksa harus menumpang belajar di sekolah kain. Langkah itu diambil setelah bangunan sekolah itu musnah dilalap api, Sabtu (13/4/2024) lalu sekitar pukul 16.00 WIB. Dalam musibah itu, sebanyak enam Ruang Kelas Belajar (RKB) musnah dilalap si jago merah.

Seperti dituturkan Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Rokan Hilir, Asril Arief, pihaknya sudah berkoordinasi dan mencari solusi agar siswa SDN 001 Kencana dapat tetap belajar meski sekolah mereka telah terbakar.

"Solusi untuk saat ini, seluruh proses belajar dan mengajar SDN 001 Kencana untuk sementara menumpang ke SDN 011, karena lokasi sekolah itu paling dekat. Masuknya pun siang hari setelah para siswa SDN 011 pulang sekolah, " terang Asril, Selasa (16/4/2024) di Bagansiapiapi.

"Selain memakai RKB milik SDN 011,juga akan memakai salah satu sekolah PAUD untuk sisa Kelas I dan II, sehingga tetap diupayakan bisa bersekolah pagi," aku Asril Arief.

Terkait kondisi ini, Asril Arief menambahkan pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak Terkait. Seperti Koordinator Pengawas Pendidikan Kecamatan Balai Jaya dan Kepala SDN 001 Ahmad Rojali.

"Kami juga sudah berkoordinasi dengan Bapak Bupati, Afrizal Sintong dan meminta saran serta arahan beliau pimpinan kami," tambah lAsril.

Siswa Mulai Belajar

Menurutnya, hal itu memang harus dicarikan solusi secepatnya. Apalagi mengingat aktivitas belajar mengajar para siswa sudah kembali berjalan terhitung sejak hari ini, Selasa 16 April 2024 pasca liburan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah dan Libur Nasional.

Terpisah, beberapa orang tua wali murid SDN 001 Kencana merasa lega karena anak-anak mereka kembali dapat belajar meski menumpang di SDN 011. Apalagi mengingat jaraknya cukup dekat.

"Syukurlah ada tempat belajar, walaupun menumpang pada siang hingga sore harinya," aku salah seorang wali murid yang enggan namanya dipublikasi. ***