PANGKALANKERINCI, GORIAU.COM - Bupati Pelalawan, HM Harris meminta dan mendorong kepada seluruh perusahaan-perusahaan yang ada di Kabupaten Pelalawan agar lebih peduli dengan masyarakat sekitarnya.

Hal ini disampaikannya saat pertemuan dan rapat koordinasi dengan pimpinan perusahaan perkebunan se Kabupaten Pelalawan bertempat di PT Musim Mas, Batang Kulim, Pangkalan Kuras, Rabu (19/11/2014) kemarin.

Bupati Harris menyampaikan, rapat koordinasi ini penting untuk mengetahui apa-apa yang telah dilakukan, baik bantuan untuk masyarakat sekitar maupun persoalan-persoalan yang dihadapi.

"Kita mendorong perusahaan-perusahaan agar lebih peduli dengan masyarakat sekitarnya," katanya.

Untuk itu kata Harris, perusahaan-perusahaan di Kabupaten Pelalawan hadir dan mengikuti rapat-rapat koordinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pelalawan. Karena Pemda juga perlu mengetahui perkembangan-perkembangan investasi di Pelalawan.

"Ada kewajiban dan hak perusahaan. Jika ada persoalan izin dan sebagainya yang terkendala dan itu merupakan hak perusahaan, kita harus tau, dan pasti akan kita akomodir," tegasnya.

Demikian juga dengan kewajiban perusahaan, misalnya kata Harris, masalah pajak, CD dan CSR Perusahaan dan sebagainya, pemda semestinya mengetahui.

"Masalah pajak galian non logam dan batuan dan sebagainya, kemudian hubungan dengan masyarakat sekitarnya, melalui program-program CSR nya, Pemda juga harus tau, agar sinkron dengan pembangunan yang dilaksanakan pemerintah daerah," jelas Harris.

Selain itu Harris juga menyebutkan, pemda menginginkan CSR perusahaan berjalan sesuai dengan ketentuan.

"Baru-baru ini, ada 1 perusahaan yang mendapat penghargaan untuk bidang CSR secara nasional. Kita mengingikan semua perusahaan di Pelalawan, mendapat penghargaan dibidang CSR," katanya.

Diingatkan Harris, program-program CSR perusahaan jangan jalan sendiri-sendiri, harus koordinasi dengan pemkab Pelalawan, agar sinkron.

"Supaya tidak mubazir, dan tepat sasaran. Jangan CSR perusahan terbuang cuma-cuma karena tidak ada koordinasi. Mari kebersamaan kita terbangun dalam pembangunan," katanya.

Harris juga menyakini, jika kewajiban perusahaan dijalankan sesuai aturan, invastasi di Pelalawan akan aman. Karena menurutnya, masyarakat sekitarnya akan merasa memiliki dan tentu akan menjaga keutuhan perusahaan tersebut.(***)