PASIRPENGARAIAN, GORIAU.COM - Jelang Idul Fitri 1436 Hijriah, Manager PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) ranting Pasirpengaraian, Rokan Hulu Juloko Saragih pastikan, pasokan listrik di Rokan Hulu (Rohul) aman. Ia mengakui selama Lebaran, daya listrik di Rohul tidak mengalami defisit (penurunan, red). Karena sebagian besar warga Rohul merupakan perantauan yang mudik lebaran ke kampung halamannya.

"Sebaliknya, pemakaian listrik di Provinsi Sumatra Barat dan Sumatra Utara akan memuncak, sebab warga perantauan pulang ke kampung halamannya saat Lebaran nanti," ungkap Juloko kepada GoRiau.com, Selasa (7/7/2015).

PLN ranting Pasirpengaraian juga memastikan pos pengamanan (pospam) lebaran akan lebih bercahaya. "Bercahaya yang kita maksud, PLN siap bantu penerangan listrik di Pos Ketupat 2015," hal itu dikatakanya saat bertemu dengan jajaran Polres Rokan Hulu.

PLN juga berjanji, tidak akan terjadi pemadaman listrik di empat pos pelayanan dan penerangan dan tiga Pos Pengaman Mudik hari raya Idul Fitri tahun ini.

"Karena petugas akan banyak menggunakan listrik saat bertugas, seperti untuk kipas angin, dispenser, nonton televisi, dan berbagai kebutuhan lain yang memakai arus listrik, insya allah kami berjanji tidak ada pemdaman," ungkapnya lagi.

PLN sendiri berupaya agar listrik menyala selama 24 jam, selama mesin di Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Pasirpengaraian tidak terjadi kerusakan. Seperti sebelumnya atau faktor alam, pohon tumbang mengenai jaringan, gangguan hewan seperti musang dan kelelawar.

"Kita siap bantu penerangan di Pos Mudik, selagi gangguan faktor alam tidak terjadi, kita pastikan aliran listrik di Pos-pos pengamanan mudik, tetap menyala," tambahnya mengakhiri pembicaraan.(dnl)