SELATPANJANG, GORIAU.COM - Penjabat Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Edy Kusdarwanto MM, Kamis (20/8/2015) siang menggelar inspeksi mendadak ke sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Hasilnya yang terlihat belum begitu memuaskan, dimana masih banyak oknum pegawai yang belum masuk meski jam istrahat telah habis serta adanya yang kurang faham terhadap tupoksi masing-masing.


Siang itu, tepat pukul 13.30 WIB, disaat jam istirahat PNS di lingkungan Pemkab Kepulauan Meranti berakhir, Edy Kusdarwanto didampingi Kabag Humas Ery Suhairi melakukan Sidak ke tiap SKPD. Sidak itu sedikit mengejutkan para PNS yang berada di Sekretariat Daerah. Oknum PNS tak menyangka akan adanya sidak ini.
Bukan hanya sekedar cek kehadiran, Edy Kusdarwanto juga melihat kerja pegawai di tiap bagian sesuai dengan tugas dan fungsinya. 
Bagian yang mendapat sidak antara lain bagian Tata Pemerintahan, bagian Hukum, bagian Ortal, bagian Administrasi Pembangunan, bagian Keuangan, Inspektorat, Kantor Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah dan Pembangunan Desa, serta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. 
Seperti di bagian Administrasi Pembangunan, Edy langsung mengecek perangkat lunak pelaporan Realisasi Fisik dan Keuangan (RFK) per-SKPD. Ia juga meminta penjelasan kepada pegawai tentang proses entri sampai keluarnya laporan.
Begitu juga saat mengunjungi Bagian Umum dan Protokol, Bupati selain mengecek kinerja juga mendengarkan berbagai masukan dari pegawai baik PNS maupun Honorer terkait berbagai hal yang menghambat dan menunjang kinerja. 
Dari hasil sidak ini, masih ditemui berbagai kekurangan seperti adanya oknum pegawai yang belum berada di kantor saat jam istirahat telah berakhir. Serta beberapa orang pegawai yang belum memahami tupoksinya secara utuh.
Setiap kali melakukan interaksi dengan pegawai dan honorer, Edy berpesan dalam bekerja hendaklah memiliki keinginan yang kuat untuk memperbaiki kinerja. Sehingga, apa yang diinginkan masyarakat dalam mendapat pelayanan prima dari pemerintah bisa dirasakan. "Yang diharapkan masyarakat itu hanya rasa aman, nyaman dan kesejahteraan, mari bersama kita ciptakan itu," ujar Bupati dalam pesannya.(hms/zal)