PEKANBARU, GORIAU.COM - Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono masih belum bisa bicara banyak soal kecelakaan pesawat Hawk 200 di Desa Pasir Putih, Kampar, Riau, Selasa (16/9/2012) pagi tadi. Dia mengaku informasi yang diperoleh masih minim.

Agus juga belum bisa memastikan kabar kalau pesawat itu jatuh karena terbang terlalu rendah. ''Nanti kalau sudah ketemu kita evaluasi, apakah ada metode yang salah, akan diperbaiki, apakah ada di pesawatnya belum siap, (akan) diperbaiki,'' jelas Agus di Jakarta, Selasa (16/10/2012).

Dia mengatakan, setiap perwira yang menerbangkan pesawat adalah perwira profesional. ''Mari kita evaluasi apakah penyebabnya kemudian diperbaiki. Tapi jangan sampai ada kecelakaan. Jadikan perwira takut terbang, harus tetap terbang,'' jelasnya.

Sebelumnya, tadi pagi pesawat jenis Hawk 200 milik TNI AU jatuh saat latihan dan patroli di perumahan Pandau Permai, Kabupaten Kampar, Riau. Beruntung pilot berhasil menyelamatkan diri melalui kursi pelontar. Seorang saksi mengatakan sebelum pesawat itu jatuh terdengar ledakan keras. (nti/jnc)