BENGKALIS, GORIAU.COM - DPD Partai Amanat Nasional Kabupaten Bengkalis melakukan penjaringan bakal calon legislatif sejak beberapa waktu lalu. Penjaringan tidak hanya untuk internal partai tapi juga dari tokoh luar partai.

Ketua DPD PAN Bengkalis, H Heru Wahyudi didampingi Sekretaris Syaukani serta sejumlah pengurus lainnya, akhir pekan kemarin mengatakan, penjaringan untuk calon legislatif dari internal sudah selesai, termasuk memenuhi kuota perampuan sesuai ketentuan. Sedangkan untuk calon dari luar partai, masih diberikan kesempatan hingga 5 Januari mendatang.

“Penjaringan caleg ini sudah kita lakukan sejak beberapa waktu lalu, bahkan untuk bakal caleg dari internal sudah selesai kita lakukan kendati belum ditutup. Sedangkan untuk calon dari luar, kita masih persilakan mendaftar, karena masih ada waktu sampai tanggal 5 Januari mendatang,” terang Heru.

Ditanya soal kriteria calon legislatif dari luar partai, ditambahkan Syaukani pula, tidak ada syarat dan kreteria khusus. Calon dari dalam maupun dari luar yang mengesahkan atau menetapkan nantinya tetap DPP, DPD hanya memaparkan siapa calon yang sudah mendaftar. ''Misalnya dia tokoh masyarakat, pendidikannya apa, massanya siapa dan lainnya. Penjelasan yang kita sampaikan itu akan dinilai oleh DPP untuk kemudian diambil keputusan,” papar Syaukani.

Untuk calon dari luar, bisa dari tokoh masyarakat, kalangan akademisi, pansiunan pejabat atau lainnya. “Seperti yang saya sampaikan tadi, DPD tidak mengesahkan, hanya memaparkan, DPP yang memiliki kewenangan. Setidaknya kita juga bisa melihat siapa calon dari luar itu, apakah layak untuk diusulkan ke DPP atau tidak,” imbuhnya.

Tiga Agenda

Sementara rapat kerja DPD PAN Kabupaten Bengkalis yang digelar, Sabtu (29/12/2012), membahas tiga agenda utama, antara lain konsolidasi internal partai,\ persiapan partai PAN guna menghadapi Pemilu, baik Pemilu Gubernurb (Pilgub), Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilu Presiden (Pilpres).

“Rakerda yang akan kita laksanakan ini, merupakan tindaklanjut dari hasil Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) DPW PAN Riau beberapa waktu lalu. Rakerda dibuka Ketua DPW PAN Riau, di salah satu hotel di Bengkalis. selain Ketua DPW, juga akan hadir bendaraha umum DPP PAN, yang juga Bakal Calon Gubernur, H Jon Erizal,” ujar Syaukani. (jfk)