PEKANBARU, GORIAU.COM - Ada lagi keanehan dalam pelantikan pejabat eselon III dan IV di Lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau pada Senin (31/9/2015) kemarin. Setelah penempatan 2 bersaudara dalam satu kantor, ternyata ada pejabat bingung setelah dilantik.

Yakni Hari Sopian dan Erik Oktaveriandi. Keduanya dibuat bingung karena saat pembacaan jabatan baru, mereka sama-sama menempati posisi Kepala Bidang Batas Wilayah Badan Pengelola Perbatasan Daerah (BPPD) Riau.

Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPPD) Riau, Asrizal, Selasa (1/9/2015) mengakui memang ada terjadi kesalahan. Dimana, saat print out nama dan jabatan, ada 2 nama untuk satu jabatan.

"Ini memang terjadi kesalahan dalam proses print-nya. Yang dibacakan kemaren itu adalah file yang belum selesai. File aslinya bukan itu, tetapi masih ada di komputer kami," ujarnya.

Hal ini tentu membuat kedua pejabat ini merasa bingung. Bahkan, Hari Sopian sudah melaporkan kasus ini kepada Kepala BPPD Riau Ramli Walid.

"Ada kesalahan dalam proses print nama-namanya. Erik itu ternyata ditempatkan di Kabid Informasi Publik Diskominfo Riau. Itu file aslinya masih kita simpan di komputer," pungkasnya.

Oleh sebab itu, pihaknya akan segera menuntaskan kesalahan administrasi tersebut, agar para pejabat ini segera bisa bekerja di SKPD masing-masing.

Disinggung mengenai adanya kesalahan etika dalam penempatan pejabat, dimana terdapat dua kakak beradik di BKPPD Riau yakni Sekretaris Apriadi Malik dan Kepala Sub Bidang Mutasi BKPPD, Heri Rukmana, Asrizal enggan dipersalahkan.

"Tidak ada aturan yang melarang itu. Penempatan pejabat ini sudah sesuai prosedur, tidak ada aturan yang dilanggar,"jelasnya.

Pelantikan 62 Pejabat eselon III dan IV kemarin, juga ditengarai tidak banyak membantu percepatan realisasi APBD Riau. Pasalnya, masih banyak jabatan kosong yang belum diisi oleh BKPPD.

"Jadi memang pelantikan itu masih tahap pertama. Jadi ada efek dari pengisian jabatan kemaren, tarjadi kekosongan karena ada yang promosi. Jadi akan ada pelantikan tahap kedua," tuturnya.

Sebagaimana diketahui, Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman, Senin (31/8/15) melantik 62 pejabat eselon III dan IV. Rinciannya, sebanyak 45 pejabat Tinggi Administrator (eselon III) dan 17 pejabat Tinggi Pengawas (eselon IV).***