TELUKKUANTAN, GORIAU.COM - Masyarakat Kuantan Singingi (Kuansing), Riau mengaku bangga karena agenda budaya seperti 'Mamucuak' di Desa Pangkalan Indarung Kecamatan Singingi dan Pacu Jalur yang menjadi budaya unggulan bisa tampil di layar kaca Televisi (Tv) nasional.

Seperti yang disampaikan Bilak (65), salah seorang warga Simandolak Benai, ia menilai tampilnya Kuansing di TvOne tidak lepas dari Bupati Kuansing, H. Sukarmis.

"Ini bentuk keberhasilan pemerintah dalam mengekspos Kuansing ke dunia internasional," ujar Bilak.

Kebanggaan tidak hanya bagi warga Kuansing yang berada di kampung halaman, tapi juga orang Kuansing yang berada di perantauan.

Seperti yang diungkapkan Adnan, orang Kuansing yang tinggal di Pekanbaru. Menurutnya, selama ini Pacu Jalur hanya tenar di tingkat Riau dan dengan adanya dokumenter oleh TvOne, mengenalkan Kuansing ke dunia luar.

"Artinya, Kuansing sudah go nasional dengan tayang di Tv Nasional," ujar Adnan. Ia berharap, dengan tayangan ini akan lebih banyak kunjungan wisatawan ke Kuansing.

Sementara Kasubag Humas Setda Kuansing, Hevi H Antoni menyebutkan tayangan potensi pariwisata Kuansing di tv nasional merupakan suport dan kerjasama dengan Badan Penghubung Riau di Jakarta.

"Ini program mereka, tapi kita yang memfasilitasi. Tentu tak lepas dari komitmen Pak Bupati terhadap kemajuan Kuansing," tutup Hevi.***