BANGKINANG, GORIAU.COM - Empat unit Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan (M-PLIK) atau layanan Internet Handphone pusat distrik eks Pekan Olahraga Nasional (PON) di Kabupaten Kampar akan diserahkan ke kecamatan. Kecamatan yang akan mendapat bantuan adalah yang belum memiliki akses internet.

Kepala Dinas Perhubungan Informasi dan Komunikasi Kabupaten Kampar M Amin Filda yang dihubungi wartawan lewat telepon genggamnya, Jumat (18/01/2013) siang, mengatakan mobil tersebut akan dipergunakan untuk kecamatan yang belum tersentuh jaringan internet sama sekali, seperti Kecamatan Tapung, Kampar Kiri Hulu, Koto Kampar Hulu dan XIII Koto Kampar.

Seperti diketahui, Pemprov Riau sebelum pelaksanaan PON menerima bantuan 50 unit Mobil Pusat Layanan Internet Kecamatan (M-PLIK) atau layanan Internet Handphone pusat distrik. M-PLIK untuk memberikan kemudahan layanan internet bagi masyarakat pedesaan. Mobil itu disebar ke setiap kabupaten.

MPLIK ini merupakan kelanjutan dari program Kementerian Komunikasi dan Informasi sebelumnya yakni Universal Service Obligation (USO), yang diberinama Pusat Layanan Internet Kecamatan (PLIK)  atau Internet Service Center Kabupaten. Meski sama-sama sebagai bagian dari untuk membantu masyarakat pedesaan dalam mengakses informasi dari layanan internet, terdapat perbedaan diantara keduanya, yakni pada tingkat mobilitas, rumah atau gedung menjadi tempat PLIK, sementara MPLIK ditempat dimobil, sehingga bisa dibawa kemana-mana. (rif)