SELATPANJANG - Logistik untuk Pilkada Kepulauan Meranti tiba di Kantor KPU Jalan Dorak Selatpanjang, Kepulauan Meranti, Riau, Kamis (26/11/2015) siang. Sortir dan pelipatan surat suara ini diperkirakan akan tuntas selama 2 hari (hari Sabtu tanggal 28 November 2015).

Ketua KPU Kepulauan Meranti Yusli SE, kepada wartawan, Kamis siang mengatakan surat suara itu dicetak sebanyak jumlah DPT tambah 2,5 persen per TPS. Namun, berdasarkan undang-undang harus dicetak lagi sebanyak 2.000 lembar andai kata ada pemilihan ulang.

"DPT kita berjumlah 140.045 pemilih, ditambah 2,5 persen untuk tiap TPS, jadi 143.755 lembar," kata Yusli.

Ditambahkan Yusli, meski sudah disortir oleh pihak perusahaan (pencetak, red), KPU tetap akan mensortir surat itu sebelum dimasukkan ke kotak suara dan dikirim TPS.

Ditambahkan Sekretaris KPU Meranti H Darwis, untuk pelipatan dan pensortiran surat suara, mereka akan memulainya hari Jumat (27/11/2015). Sementara tenaga pelipatan akan melibatkan honorer dan anak magang, berjumlah sekitar 15 orang.

"Tenaga pelipatan dan pensortiran sebanyak 15 orang. Kita targetkan bisa tuntas dalam dua hari Sabtu tanggal 28 November 2015," kata H Darwis pula.

"Andai ditemukan rusak, kita akan berkoordinasi dengan perusahaan pencetak agar diganti," ujar H Darwis lagi.

Sementara untuk pengawalan, sejak dikirim dari Pekanbaru, sudah dikawal personil kepolisian. Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Zahwani Pandra Arsyad SH MSi, melalui Kasat Sabhara Yan Fajar, mengatakan saat pengiriman logistik Pilkada Meranti ini, sudah dikawal 4 personil, dari Pekanbaru hingga sampai ke Selatpanjang.

Di Selatpanjang, logistik Pilkada ini dibawa ke Kantor KPU Meranti menggunakan mobil polisi dan mendapat pengawalan ketat.

"Untuk pengamanan di KPU, kita ada 4 personil patroli mobile ditambah dua anggota brimob," ujar Yan Fajar. ***