RENGAT,GORIAU.COM - Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) pemilihan Bupati dan Wakil Bupati pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) tahun 2015 dilantik dan diambil sumpahnya.

Pelantikan dan pengambilan sumpah anggota PPK dan PPS itu dipimpin langsung oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Inhu Muhammad Amin, SE yang dipusatkan di GOR Danau Raja Rengat, Senin (18/5/2015).

Ketua KPU Inhu Muhammad Amin dalam sambutannya menyebutkan bahwa pihaknya sangat berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhu yang telah memberikan perhatian dan bantuan fasilitas kepada KPU Inhu. Baik itu berupa anggaran maupun kebijakan para camat dalam membantu perekrutan calon anggota PPK dan PPS yang hari ini dilantik.

Anggota PPK yang dilantik berjumlah 70 orang yang terdiri dari 62 orang laki-laki dan 8 orang perempuan. Sedangkan anggota PPS berjumlah 582 orang, sebut Amin.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/18052015/2jpg-2190.jpgPenandatanganan berita acara pelantikan PPK oleh Ketua KPU Inhu Muhammad Amin SE dan Saksi Yenni Mairida yang juga anggota komisioner KPU Inhu.Dalam menyelenggarakan dan mensukseskan Pilkada tahun 2015 ini, PPK dan PPS memiliki tanggung jawab yang berat dah harus dilaksanakan. Akan tetapi, jika tugas berat ini dikerjakan oleh sebuah tim dan dalam kesatuan yang utuh, maka tidak ada yang tidak bisa dilaksanakan, tegasnya.

Dikatakannya, berdasarkan hasil seleksi yang dilakukan oleh KPU Inhu, anggota PPK dan PPS ada yang lama dan ada yang baru. Sebanyak 60 persen merupakan anggota baru dan 40 persen adalah anggota lama.

"Berdasarkan Peraturan KPU, tidak boleh menjabat lebih dari dua kali. Tentunya kita berikan kesempatan bagi yang baru untuk mengemban tugas mulia ini, apabila dilakukan sesuai dengan aturan yang ada," ujarnya.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/18052015/3jpg-2189.jpgBupati Inhu foto bersama dengan Ketua KPU Inhu, Sekretaris KPU, Komisioner KPU serta Panwas Kabupaten Inhu."Saudara PPK dan PPS yang dilantik merupakan orang terpilih dari sekian banyak orang yang ingin menjadi penyelenggara pemilihan ini. Selamat kepada saudara/i yang baru saja dilantik sebagai anggota PPK dan PPS. Saudara merupakan pahlawan demokrasi yang berada digaris terdepan dalam pelaksanaan Pilbup pada 9 Desember 2015 nanti,'' terangnya.

Dengan demikian, diharapkan kepada seluruh anggora PPK dan PPS untuk dapat bekerja secara profesional dan proporsional sesuai asas-asas penyelenggara pemilu. Jaga integritas, komitmen serta kemandirian sebagai penyelenggara pemilu, pungkas Amin tegas.

Hadir dalam acara pelantikan PPK dan PPS tersebut, Bupati Inhu H Yopi Arianto, Ketua KPU Riau, Kapolres Inhu AKBP Ari Wibowo, Kasdim Inhu, perwakilan Kejari Rengat, Kadis, Kabag, para Camat se Kabupaten Inhu serta para pengurus partai politik yang ada di Inhu. (jef)