JAKARTA - Tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting gagal meraih kemenangan atas pemain China Shi Yu Qi dengan skor 17-21, 6-21 pada pertandingan final Turnamen Bulutangkis Beregu Putra Piala Thomas 2024. Dengan hasil ini, Tim Bulutangkis Putra Indonesia tertinggal 0-1 dari tuan rumah China.

Bermain di Hi Tech Zone Sports Centre, Chengdu, China, Minggu (5/5/2024). Anthony Ginting menjadi wakil Indonesia yang tampil pertama menghadapi Shi Yu Qi. Dalam pertarungan sengit di gim pertama, Ginting sempat mengejar ketertinggalan poin. Namun, Ginting kalah 17-21.

Pada gim kedua, Ginting tidak mampu lepas dari tekanan Shi Yu Qi. Bahkan, Ginting sempat tertinggal 1-11 sembelum akhirnya harus menyerah 6-21.

"Dari awal memang sampai pertandingan selesai, saya tidak bisa keluar dari tekanan Shi Yu Qi. Cara mengatasi kondisi di lapangan juga tadi saya tidak menemukan yang tepat. Saya sudah mencoba," kata Anthony Sinisuka Ginting usai pertandingan.

Selain mengakui ketangguhan Shi Yu Qi, Ginting juga menyebut penyebab kekalahannya bukan karena tekanan penonton tetapi murni dari cara bermain.

"Tidak ada tekanan dari penonton atau karena ini final, murni karena cara bermain di lapangan saja kendalanya apalagi dia juga bukan lawan yang mudah," tegasnya.

"Dibandingkan saat menang di World Tour Finals lalu, sangat berbeda semuanya penampilan Shi Yu Qi hari ini. Saat kondisi bagaimana, harus bagaimana-nya itu dia lebih cermat," tutupnya. ***