TELUKKUANTAN, GORIAU.COM - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau (Gubri) Arsyadjuliandi Rachman kagum dengan ruas jalan yang menghubungkan Benai - Kukok, Kecamatan Cerenti. Ia tak menyangka ada jalan sebagus ini di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing).

"Sewaktu kami mengendarai mobil menuju ke sini (Pulau Kopung, lokasi safari Ramadan), Pak Gubernur bertanya, jalan yang bagus ini, siapa yang punya?" ujar Bupati Kuansing, H. Sukarmis menceritakan pembicaraan dengan Plt Gubri, Jumat (26/6/2015) malam.

Mendapat pertanyaan itu, Sukarmis langsung tersenyum dan dengan bangga ia menyatakn status jalan Benai - Kukok merupakan jalan kabupaten.

"Itu Jalan Kabupaten yang Dihibahkan PT RAPP, Pak. PT RAPP membangun jalan untuk masyarakat kemudian dihibahkan ke Pemkab Kuansing," kata Sukarmis dengan raut wajah bahagia.

Kepada Andi (sapaan akrab Plt Gubri), Sukarmis melaporkan, PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) membangun jalan Benai - Kukok sepanjang 5 Km. Dengan menggelontorkan anggaran senilai Rp14 miliyar lebih.

"Untuk itu, kami atas nama masyarakat Kuansing mengucapkan terimakasih kepada PT RAPP," ujar Sukarmis sambil memandang Edy Yusuf selaku SHR Manager PT RAPP untuk Kuansing yang turut hadir bersama staff officer-nya, Eka Haris.

"Sebetulnya, jalan ini dibangun sepanjang 9 Km, 5 Km oleh PT RAPP. Kemudian, 500 meter oleh PT TBS dengan anggaran mencapai Rp1,5 miliyar dan 3,5 Km oleh PT DPN dengan anggaran sekitar Rp10,5 miliyar," pungkas Sukarmis.(***)