SELATPANJANG, GORIAU.COM - PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) menampilkan program unggulan dalam hal pemantauan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Beberapa alat canggihpun penanganan karhutla pun dibawa ke stand yang terletak di halaman Kantor Bupati Kepulauan Meranti itu.


Pantauan di stand PT RAPP, Jumat (5/12/2014) malam ada dua alat penanganan karhutla yang ditampilkan. Yang pertana pompa patroli ministriker yang beratnya hanya 9kg digunakan untuk patroli. Serta alat pemantau patroli udara memantau luas ke kondisi kebakaran, perambah, dan juga banjir, yang diberi nama phantom 2 vision plus.
Muhammad Yuwana selaku fire and aviation asisten PT RAPP, ketika ditemui di lokasi Meranti Expo Jumat malam mengatakan sebenarnya untuk penanganan karhutla mereka memiliki 4 jenis pompa.
Dibeberkan M Yuwana, keempat pompa itu adalah ministriker yang digunakan untuk patroli, floto pump yang bisa terapung saat dilempar ke kanal, mark three pump digunakan untuk kebakaran besar yang jangkauannya mencapai 2 km. Serta Tohatsu pump, yang digunakan untuk kebakaran lahan yang sangat besar.
"Supply air pun harus banyak kalau menggunakan Tohatsu pump ini," kata M Yuwana.
Sementara itu, dijelaskan M Yuwana juga, cara kerja Phantom 2 vision plus itu adalah merekam dari ketinggian capai 1000 feet, dengan jarak tempuh 100 meter dari remote control.
"Selain merekam dalam bentuk gambar, juga dapat video nya. Ini adalah alat patroli udara memantau luas ke kondisi kebakaran, perambah, dan juga banjir. Ini bisa mendeteksi kebakaran yang ada di lokasi kita, alat ini juga dilengkapi camera 14mp, dengan jarak terbang 1000 feet sejauh 100 meter," jelas M Yuwana.
Sebelumnya, saat pembukaan Meranti Expo, Kamis (4/12/2014) siang, Plt Gubri Arsyad Juliandi Rachman dan Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan MSi juga telah menyaksikan simulasi pemantauan Karhutla oleh RAPP.(zal)