PEKANBARU, GORIAU.COM - Berdirinya Provinsi Riau yang terpisah dari Provinsi Sumatera Tengah 56 tahun yang lalu, telah memberikan perubahan besar bagi negeri ini. Bukan saja pertumbuhan ekonomi yang diatas rata-rata nasional, tapi juga berkurangnya angka kemiskinan, namun disayangkan anugerah yang besar tersebut tidak tergambar pada peringatan hari ulang tahun (HUT) Riau ke-56.

Sepinya perayaan 56 tahun Riau ini terkesan pada semua aktifitas pendukung. Tidak banyak umbul-umbul, spanduk, baliho yang terpasang di depan setiap perusahaan, instansi pemerintah, bahkan di tempat-tempat umum, bahkan acara-acara guna menyemarakkan HUT Riau tidak terkesan oleh masyarakat. Padahal puncak peringatan HUT Riau ke-56 akan digelar besok yang ditandai dengan sidang paripurna istimewa DPRD Riau, Selasa (20/8/2013).

Anggota DPRD Riau, Indra Isnaini menjawab GoRiau.com, Senin (19/8/2013) malam ini mengakui kalau ''greget'' perayaan ulang tahun Riau ke-56 tahun ini, tidak dirasakan oleh masyarakat. ''Memang tahun ini tidak terasa sama sekali kalau Riau sedang berulang tahun, tidak banyak spanduk, umbul-umbul, baleho baik yang dipasang instansi pemerintah, perusahaan swasta dan masyarakat. Bahkan acara-acara yang dibuat juga tidak terkesan,'' ungkapnya.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini juga mengungkapkan kekecewaannya terhadap Pemerintah Provinsi Riau yang tidak bisa mengatur dan menyelenggarakan HUT Riau ke-56 dengan baik. Padahal baik pegawai negeri sipil, pengusaha, pekerja dan masyarakat sudah mendapat anugerah besar dengan berdirinya Provinsi Riau yang terpisah dari Provinsi Sumatera Tengah.

''Perayaan HUT kali ini sudah ditunda selama 11 hari. Seharusnya tanggal 9 Agustus lalu, tapi meski ditunda, perayaan juga tetap sepi. Karena pemerintah daerah tak bergerak, maka rakyat pun tidak peduli. Ini harus dievaluasi, jangan sampai terjadi lagi pada tahun-tahun berikutnya,'' tambahnya.

Karena itu, tambahnya, pihaknya akan mengusulkan melalui DPRD Riau akan membuat Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur tata cara pelaksanaan HUT Riau sehingga ada dasar hukum yang jelas dan ada kewajiban yang harus dilaksanakan oleh pemerintah daerah dalam menyambut HUT Riau. ***