PEKANBARU – Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kepulauan Meranti, AKBP (Purn) H. Asmar menghadiri Lancang Kuning Carnival Provinsi Riau tahun 2024.

Kegiatan yang menjadi bagian dari Gebyar Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) itu, dilaksanakan di Halaman Kantor Gubernur Riau, Pekanbaru, Jumat (3/5/2024) malam.

Gebyar tersebut berlangsung mulai dari tanggal 3 hingga 5 Mei 2024, dan dibuka oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

Pj Gubernur Riau (Gubri) SF Hariyanto dalam sambutannya mengatakan Gebyar BBI dan BBWI merupakan wadah kecintaan masyarakat terhadap produk-produk daerah. Selain itu juga sebagai bentuk pemulihan ekonomi setelah pandemi Covid-19.

"Ini merupakan tahun kedua, pada tahun 2023 yang lalu Provinsi Riau telah dinobatkan sebagai penyelenggara ivent BBI dan BBWI terbaik di Indonesia dan berhasil mencatatkan transaksi mencapai Rp 65 miliar," kata SF Hariyanto.

Menhub Budi Karya Sumadi dalam arahannya mengatakan, dirinya salut dan bangga karena masyarakat Riau bisa melaksanakan kegiatan semeriah dan sekeren itu.

"Kita harus bangga dengan apa yang dibuat oleh masyarakat kita, kita harus bangga dengan wisata yang ada di daerah kita," ucapnya.

Usai menghadiri acara tersebut, Plt Bupati Asmar memberikan ucapan selamat dan sukses kepada Pemerintah Provinsi Riau atas penyelenggaraan gebyar yang sangat meriah itu.

"Ivent yang digelar sangat luar biasa, mewah dan meriah. Selamat buat Pemprov Riau, semoga kegiatan ini dapat meningkatkan pengembangan UMKM dan pariwisata di Provinsi Riau," ujarnya.

Asmar juga mengajak seluruh masyarakat Kepulauan Meranti, khususnya yang tinggal di Pekanbaru untuk turut menghadiri dan menyaksikan Gebyar Gernas BBI dan BBWI Provinsi Riau.

"Mari kita dukung Gernas BBI dan BBWI Provinsi Riau ini. Khusus masyarakat Kepulauan Meranti yang berada dan tinggal di Pekanbaru, diharapkan dapat menghadiri ivent tersebut, sehingga nantinya bisa meningkatkan kemajuan UMKM dan wisata daerah kita," harap Asmar.

Pembukaan gebyar itu diisi berbagai macam kegiatan dan hiburan seperti musik, tari, dan pameran ekonomi kreatif. Selain itu juga ada penampilan dari Band Gigi, Four Twenty, Virgoun, dan Astrid Tiar, Angel Karamoy, serta Berliana Lovel.

Ivent tersebut juga dimeriahkan dengan tarian Rentak Melayu yang diikuti oleh 10.000 penari, dan telah mendapatkan rekor MURI yang diterima langsung oleh Pj. Gubri. ***