PEKANBARU, GORIAU.COM - Kepolisian Sektor (Polsek) Bukit Raya, Pekanbaru, Riau, Kamis (3/9/2015) malam, menggelar razia cipta kondisi di ruas jalan Arifin Achmad Pekanbaru. Sasarannya adalah pengendara motor dan mobil‎ yang tidak melengkapi surat kendaraan serta alat keselamatan.


Empat pengendara terpaksa diberikan tindakan langsung (Tilang), lantaran tidak melengkapi surat kendaraan serta tidak memakai alat keselamatan. Beberapa lainnya diberikan ‎teguran. "Kesalahan mereka karena tidak menggunakan helm dan tidak membawa surat kendaraan," sebut Kanit Reskrim Polsek Bukit Raya, Ipda M Bahari Abdi, Kamis malam.


Selain menjaring pelanggar lalu lintas, sambung Bahari Abdi kepada GoRiau.com malam itu, razia itu juga bertujuan untuk mengantisipasi masuknya pelaku kejahatan, obat-obatan terlarang, narkoba, senjata tajam, senjata api serta barang selundupan lainnya. Bahkan beberapa kendaraan beplat luar, juga diberhentikan lalu di periksa.


"Kita sweeping dan lakukan pemeriksaan badan dan barang bawaan. Ini bentuk antisipasi kita terhadap masuknya DPO (daftar pencarian orang) dan lain sebagainya," jawabnya.


Pantauan GoRiau.com di lokasi razia, beberapa pengendara khususnya roda dua tampak panik. Titik razia sendiri berada di Jalan ‎Arifin Achmad, dekat persimpangan Jalan Rambutan. Tak pelak, sebagian pengendara tampak memutar alah berbelok untuk menghindari razia, bahkan ada pula yang sempat terjatuh karena berniat kucing-kucingan agar tidak di tilang.


Bahkan ada yang lucu, dimana seorang wanita yang usianya diperkirakan 30 tahunan, menangis sejadi-jadinya karena distop petugas. Saat ditanya, ia beralasan sedang mencari suaminya yang sudah tak pulang-pulang ke rumah. Bahkan dia sempat curhat dengan polisi‎ yang berdinas. Tak pelak, petugas dibuat kerepotan untuk membujuknya agar diam dan berhenti menangis.

‎


‎Razia tersebut dimulai pukul 21.30 WIB, dan berakhir pada pukul 22.30 WIB. Mayoritas pengendara yang di tilang tersebut adalah para remaja dan sebagian lainnya pengendara usia 30 tahun ke atas. "Meski sudah malam, harusnya pengendara (roda dua) tetap menggunakan alat keselamatan, guna menghindari fatalitas kecelakaan," singkat Bahari. (Had)