SELATPANJANG, GORIAU.COM - Hari pertama Satlantas Polres Meranti menggelar operasi simpatik tahun 2015, tanggal 1 April 2015, belasan sepeda motor terjaring. Satlantas Polres Meranti menindak sebanyak 11 sepeda motor dan memberi teguran kepada 6 pengendara sepeda motor.


Operasi Simpatik itu dimulai di epan kantor Satlantas Polres di jalan Merdeka Selatpanjang. Dalam operasi tersebut Satlantas lebih mengedepankan pembinaan dan peringatan, seperti mengidupkan lampu utama sepeda motor, penggunaan safety Belt bagi pengguna mobil. Namun pihak Satlantas juga melakukan penindakan bagi pengguna sepeda motor yang tidak menggunakan helm dan tidak dilengkapi surat-surat kendaraannya.
Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Zahwani Pandra Arsyad SH MSi, melalui Kasat Lantas, AKP Amir Husin mengatakan operasi Simpatik dilaksanakan selama tiga pekan yang dimulai Rabu (1/4/2015) sampai dengan selasa (21/4/2015). Sementara lokasi pelaksanaan operasi juga tidak akan monoton dan akan dilaksanakan di sejumlah tempat di Kota Selatpanjang.
"Kita tidak hanya fokus di jalan merdeka saja. Tapi juga akan kita laksanakan di sejumlah daerah di Selatpanjang," katanya.
Selain memberikan tindakan tegas kepada pengendara yang tidak menggunakan helm dan tidak memiliki surat-srat kendaraan, juga dilakukan pembinaan dengan membrikan peringatan kepada pengendara yang tidak menghidupkan lampu dan tidak menggunakan safety belt bagi pengendara mobil.
Ditambahkan Kanitlantas, Ipda Aguslan SH bahwa operasi simatik sempat dihentikan setelah Kota Selatpanjang diguyur hujan. Namun jumlah kendaraan yang ditindak dalam operasi simpatik hari pertama kemarin sebanyak 11 unit sepeda motor, dan sebanyak 6 sepeda motor diberikan teguran.
"Umumnya yang kita tidak adalah pengendara yang tidak menggunakan helm. Tindakan akan terus kita berikan kepada masyarakat yang tidak dilengkapi helm dan surat surat kendaraan dalam berkendara," tegasnya.
Sebelum operasi dilaksanakan Satlantas Polres Kepulauan Meranti dilaksanakan gelar pasukan Operasi Simpatik 2015 di Mapolres Kepulauan Meranti. Dalam pelaksanaan tersebut Kapolres, AKBP Zahwani Pandra Arsyad SH MSi bertindak sebagai Irup dan Kanitlantas, Ipda Aguslan SH sebagai komandan Upacara (Danrup). Hadir juga dalam gelar pasukan tersebut, Sekda, Drs H Iqaruddin MSi, Kabid Darat, Ismail dan anggota Polres Kepulauan Meranti.***